Mencari Tahu Pentingnya Kroto Untuk Penangkaran Murai Batu

Sebelum kita mengulas tentang pentingnya kroto untuk penangkaran murai batu kita perlu tahu dulu apa sih itu kroto? Bagi kalian yang hidupnya di desa atau bagi kalian pecinta burung termasuk burung kicauan pasti tidak asing lagi mengenai kroto. Tapi bagi kalian yang tinggal di kota dan bukan pecinta burung pastinya tidak semua tahu apa itu kroto. Oleh karena itu sebelum membahas manfaat kroto kita bahas dulu mengenai kroto sendiri. Kroto merupakan istilah lain dari telur semut atau larva semut terutama jenis semut rangrang. Telur-telur semut ( kroto) tersebut dihasilkan oleh ratu semut dan disimpan oleh para semut pekerja dalam sarangnya yang berbentuk gulungan dari dedaunan. Bentuk kroto sendiri yaitu oval dan kecil. Kroto tersebut berisi cairan yang nantinya jika sudah waktunya ia akan berubah menjadi semut muda.  Kroto sendiri ternyata memiliki banyak kandungan gizi. Dari hasil penelitian kroto mengandung protein, kalsium, zat besi, sodium, potasium, vitamin B1,B2 dan niacin. Selain itu kroto ternyata juga rendah lemak dan kalori dan juga mencari kroto itu tidak mudah karena tidak semua sarang semut rangrang pasti ada krotonya kecuali memiliki peternakan semut rangrang ya. Maka dari itu kroto sering dijadikan makanan burung khususnya burung kicauan seperti murai  batu meskipun masih banyak jenis makanan burung kecuali kroto seperti jangkrik, belalang,  ulat jerman, voer, dan ulat hongkong. Karena kelengkapan kandungan nutrisi pada kroto yang membuat kroto cukup digemari oleh para pecinta burung kicauan untuk diberikan sebagai pakan tambahan khususnya untuk burung murai batu sendiri.


Sebenarnya kroto bisa diberikan kepada semua jenis burung kicauan seperti kenari,  finch, dan masih banyak jenis burung yang lainnya. Kroto juga bisa diberikan untuk burung indukan, burung rumahan, burung lomba, anakan atau piyikkan dan juga trotolan ( burung muda). Namun kali ini kita akan membahas pentingnya kroto untuk penangkaran murai batu.  Apa saja sih manfaatnya bagi penangkaran murai batu? Mari Kita simak pentingnya kroto untuk penangkaran murai bati berikut ini:
  1. Burung murai batu yang menyantap kroto ternyata dapat menjaga suara kicau tidak mudah serak atau hilang.
  2. Membantu burung murai batu trotolan ( burung muda) dapat menirukan suara kicauan yang didengarnya dari burung lain atau dari suara rekaman. Hal ini terjadi karena burung marai batu muda ini sering mengonsumsi kroto karena dalam kroto sendiri mengandung banyak protein dan vitamin sehingga sangat bermanfaat membantu perkembangan otak yang cukup baik.
  3. Kroto juga dapat memulihkan kondisi burung murai batu yang mengalami stres.
  4. Kroto juga dapat melancarkan kembali suara kicauan burung murai batu yang sempat macet serta mampu menyegarkan tubuh burung murai batu.
  5.  Bagi burung dewasa yang mengalami macet bunyi, stres dan lesu yang ditandai dengan bulu-bulu yang mengembang maka alternatifnya adalah dengan memberikan kroto secara rutin karena kandungan pada  kroto dapat mengatasi masalah tersebut.

Banyak sekali bukan manfaat kroto bagi burung khususnya murai batu. Namun dalam pemberian kroto untuk murai batu pastinya ada takarannya agar hasilnya dapat memuaskan. Kalau menginginkan hasil yang diinginkan tercapai pastinya juga tidak asal-asalan memberikan kroto pada murai batu.  Dalam pemberian kroto khususnya bagi murai batu ternyata tidak bisa sembarangan. Ada takaran dan tipsnya nih, antara lain :
  1. Pilih kroto yang masih segar, bersih dan tidak basi ditandai dengan tidak berbau.
  2. Pilih kroto yang masih berbentuk kapsul dan larva.
  3. Jika kroto disimpan dalam lemari pendingin atau kulkas maka sebelum dikonsumsi oleh burung sebaiknya kroto dihangatkan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar kroto tetap terjaga kesegarannya dan juga tidak mudah berantakan ketika dikonsumsi burung murai batu.
  4.  Sebaiknya kroto diberikan pada cepuk terpisah dan tidak bercampur dengan voer agar burung tidak mengacak-acak voer saat makan.
  5. Takaran dalam memberikan kroto pada burung murai batu ada berbagai cara seperti diberikan pada satu tempat dengan takaran satu sendok teh atau hanya beberapa biji kroto atau telur semut.
  6. Berikan kroto setiap pagi hari tepatnya setelah burung dimandikan.

Perlu diketahui bagi kalian para pecinta burung kicauan bahwa kroto banyak mengandung air sehingga tidak tahan lama atau mudah basi. Oleh karena itu alangkah lebih baiknya sediakan stok kroto secukupnya saja. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas kicauan dan pastinya kesehatan burung murai batu sendiri. Seperti misalnya kroto yang terlihat sudah berjamur karena itu menandakan bahwa kroto tersebut sudah dan tidak boleh dikonsumsi lagi oleh burung apapun khususnya murai batu.


Setelah kita simak pentingnya kroto bagi penangkaran murai batu di atas tentunya kalian juga sudah tahu banyak sekali manfaat serta kandungan yang ada dalam kroto atau telur semut  Seperti protein, vitamin, kalsium, zat besi dan masih banyak lagi. Ternyata kandungan lemak dan kalori  yang terkandung dalam kroto sendiri lebih rendah daripada kandungan lemak dan kalori dalam  telur ayam. Sehingga relatif  tidak membuat obesitas atau kegemukan. Tapi ingat  bagi kalian yang sedang usaha untuk menurunkan berat badan atau diet jangan coba-coba untuk konsumsi kroto ya meskipun rendah lemak dan kalori karena ini cuma buat dikonsumsi oleh burung saja.
Bagi kalian pecinta burung kicauan seperti murai batu  sangat penting mengetahui pentingnya kroto bagi penangkaran murai batu serta langkah-langkah pemberiannya. Karena siapa tau dengan diberikannya kroto setiap hari sesuai dengan porsinya burung murai batu kalian akan menang jika diikutkan kontes. Lumayan bukan ?
Itulah beberapa manfaat dan pentingnya kroto bagi penangkaran murai batu yang mungkin belum semua orang bahkan pecinta burung ketahui. Sekarang kalian bisa praktikkan buat burung murai batu kalian supaya tetap bugar dan semakin rajin buat berkicau. Semoga dengan membaca artikel ini dapat memberikan tambahan informasi bagi pembaca mengenai pentingya kroto bagi penangkaran murai batu yang mungkin belum banyak yang mengetahui.

Artikel Terkait

Share this:

Newest Post