Proses Perawatan Murai Batu Pasca Mabung

Perawatan murai batu pasca mabung – ini adalah posting lanjutan saya tentang perawatan murai mabung, silahkan baca Perawatan Murai Mabung disini. Murai batu adalah salah satu jenis burung. Dimana dalam perawatannya sebenarnya tidak terlalu rumit namun harus tetap telaten untuk Anda lakukan. Apalagi jenis perawatan burung murai yang udah mabung agar lebih gacor maka Anda harus memberikan perhatian yang lebih. Pada saat dialam liar burung murai batu yang mabung biasanya akan lebih memilih untuk bersembunyi terutama selama proses mabung. Tujuannya adalah untuk menjauh dari pemangsa agar tidak menjadi sasaran mereka. Jika melihat dari kebiasaan ini, maka sebenarnya tidak jauh berbeda dengan burung murai batu peliharaan. Dimana burung akan merasa aman jika berada di dalam sangkar yang memang selalu terjaga untuk keamanannya. Dan tak heran jika sangat sering menggunakan kerodong agar menjadi lebih aman dan nyaman. Dan Anda juga harus memperhatian makanan yang dijadikan nutrisi agar sistem metabolisme dari burung murai terus terjaga sepenuhnya. Sehingga kondisinya tidak mengalami stress dan drop.



Yang menjadi pertanyaan beberapa orang yang memelihara jenis burung ini adalah seperti apa jenis perawatan yang dilakukan. Karena salah dalam proses perawatan pada saat mengalami mabung maka akan menyebabkan hasil yang fatal terutama adalah untuk performa dari burung murai batu itu sendiri. Bisa saja ini akan membuat burung murai mengalami stress hingga ada yang membuatnya menjadi sakit. Sehingga memang sangat dibutuhkan keterampilan dan ketelatenan serta kesabatan pada saat Anda akan merawat burung mabun. Sebagai salah satu cara mengantisipasi jika Anda memang sudah salah dalam melakukan perawatan, maka berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar burung murai batu bisa gacor saat setelah mabung. Dan beberapa hal ini terdiri dari antara lain :

Menahan diri untuk tidak membuat murai perform
Pada saat sudah berusia kurang lebih dua bulan pasca murai batu mengalami mabung maka Anda harus menahan diri untuk tidak harus memaksa burung murai batu harus melakukan perform kembali seperti sebelumnya mereka mengalami mabung.

Karena pada masa ini sebenarnya adalah masa dimana burung harus bisa menyesuaikan kembali keadaan dengan fisik mereka yang mengalami pembaruan. Waktu selesainya mabung sebenarnya bisa dilihat dari bulu ekor dari burung murai batu. Karena proses untuk penumbuhan bulu dari ekor burung adalah salah satu tahap akhir yang dalam proses mabung. Dan ada baiknya untuk tidak terburu – buru memberikan proses perawatan harian seperti melakukan penjemuran dengan cara yang maksimal. Karena jika mabung masih belum dalam taraf maksimal, namun hasilnya tidak akan maksimal. Walaupun secara kasat mata sudah terlihat jika mabungnya lebih sempurna. Namun lebih baik untuk Anda mengangin – anginkannya saja.

Lakukan penjemuran jika sudah lewat sebulan
Pada saat masa mabung sudah lewat dua bulan maka Anda bisa melakukan proses penjemuran dengan tahapan yang terbaik. Yakni jangan pernah langsung menjemur dalam waktu yang lama. Namun ada baiknya melakukan dalam waktu yang bertahap dengan membuatnya dalam waktu yang sebentar kemudian baru mencoba dalam waktu yang agak lama. Anda juga harus mengangkat burung pada saat mereka sudah merasa kepanasan. Karena ini bisa menjadi salah satu ciri jika burung merasa sudah gelisah. Untuk lama waktu dalam penjemuran dalam proses perawatan murah batu setelah mabung agar bisa gacor ini sebenarnya tergantung dengan karakteristik dari burung itu sendiri. Karena setiap burung murai batu biasanya memiliki tahapan yang berbeda.



Jangan melakukan umbaran 
Ada baiknya untuk Anda tidak melakukan umbaran terlebih dahulu. Hal ini sama sekali tidak diarankan karena kondisi dari bulu burung sendiri yang benar – benar sangat rawan rusak. Umbaran sendiri biasanya sangat sering dilakukan pada saat Anda melakukan proses burung murai batu pasca mabung. Untuk itu ada baiknya untuk tidak melakukannya dalam masa ini.

Jangan memaksa burung murai batu mandi
Untuk waktu dan masa pemandian biasanya sering menjadi persoalan untuk Anda. Ada baiknya untuk jadwal mandi disesuaikan dengan kemauan dari burung murang batu. Ada baiknya tidak memandikan murai disetiap hari. Karena jika Anda tetap maksanya maka ini nantinya akan memberikan dampak pada burung yang membuatnya tidak lebih baik. Sehingga jika tidak ingin membuat burung murai Anda dalam keadaan burung maka sebaiknya hentikan niat Anda untuk memandikan burung murai. Ada baiknya untuk menyeprotkan saja. Misalnya adalah menyeprotkan bagian duku kakinya atau menyemprot kering bagian bulu luarnya saja. Biasanya jika burung murai memiliki niatan untuk mandi maka ia akan melakukannya sendiri di tempat atau wadah yang selama ini Anda sediakan. Namun jika Anda niat memandikannya dengan menyeprotkannya maka dan langsung basah kuyup maka bisa membuat mental burung murai jatuh.

Namun, langkah terbaik yang bisa Anda lakukan untuk menghindari kemungkinan buruk yang sangat mungkin terjadi pada burung murai ada baiknya untuk Anda sebaiknya menghentikan niatan untuk memandikan burung murai. Anda bisa sabar menunggu hingga burung murai benar – benar mandi dengan sendirinya nanti.

Nah itulah beberapa tips bagaimana Perawatan murai batu pasca mabung sehingga nantinya bisa gacor kembali. Anda bisa mengikuti semua langkah yang sudah disebutkan. Dan jangan melewatkan satu langkahpun yang sudah disebutkan diatas. Karena sebenarnya untuk proses Perawatan murai batu pasca mabung agar bisa gacor kembali sebenarnya sangatlah mudah dan cukup membantu Anda, hanya saja Anda tidak disarankan untuk melanggar beberapa tips diatas. Karena satu langkah yang Anda lewatkan justru akan membuat burung murai batu justru tidak akan berbiji atau bahkan akan menjadi stress yang artinya Anda gagal dalam Perawatan murai batu pasca mabung.

Artikel Terkait

Share this: