3 Tips Ampuh Untuk Menjodohkan Murai Batu

Tips ampuh menjodohkan murai batu – Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan saat akan menjodohkan burung murai batu. Namun ada banyak juga orang yang mengalami kesulitan karena banyak macam alasan. Mulai dari susahnya untuk menjodohkan murai jantan dan betina hingga dengan proses untuk pengakaran. Saat menjalani usaha ternak murai batu bisa dikatakan cukup menantang. Karena sebagian orang ada yang gagal ada juga yang sangat berhasil. Jika Anda berhasil dalam usaha ini maka hasilnya juga tidak main – main.Bisa mencapai jutaan rupiah.

Jika Anda berencana akan menjodohan burung murai batu, sebenarnya ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, karena sebenarnya pada saat tahap penjodohan adalah termasuk salah satu tahap untuk menentukan keberhasilan Anda. Burung murai batu sebenarnya bisa produksi jika Anda bisa menjodohkan dengan tepat.



Yang harus Anda ketahui adalah pada saat akan menjodohkan burung murai batu sangat berbeda dengan cara Anda menjodohkan jenis burung lainnya, misalnya adalah jenis burung kenari atau perkutut, karena burung murai batu adalah jenis burung yang dikenal memiliki karakter jenis burung seorang petarung. Terkadang pada saat Anda akan memberikan pasangan di saat waktu yang tidak tepat maka akan membuat burung murai batu saling membunuh satu dengan yang lainnya.

Untuk menghindari hal tersebut bisa terjadi berikut adalah tips ampuh menjodohkan murai batu yang bisa Anda lakukan diantaranya adalah :

Menjodohkan dengan Menempelkan Sangkarnya

Sistem untuk menjodohkan burung murai ini adalah salah satu sistem yang dianggap paling banyak dilakukan dan juga paling mudah untuk Anda lakukan. Dan langkahnya juga sangat sederhana, karena hanya menempelkan bagian sangkar murai batu jantan dan sangkar murai batu betina. Walaupun sangat mudah, namun dalam prakterknya sangat banyak sekali hal yang gagal terutama adalah untuk mereka yang merupakan peternak pemula.

Beberapa hal yang membuatnya gagal adalah karena peternak yang tidak sabar dalam menjodoh burung murai batu. Tanpa harus menunggu, mereka biasanya akan terburu – buru untuk memasukkan pejantan ke dalam sangkar betina. Hal ini biasanya menyebabkan burung murai yang berbeda jenis ini kadang mengalami pertengkaran. Dan tentu saja pertengkaran ini akan menyebabkan luka yang sangat serius dan tak karang akan membuatnya makin parah hingga bisa membuat burung murai mati.

Sehingga untuk menangani masalah ini, ada baiknya untuk Anda menjodohkan burung murai dengan sistem sangkar dengan menggunakan beberapa cara berikut diantaranya adalah :

Anda harus memastikan burung murai baik yang jantan dan betina yang akan Anda jodohkan sudah berumur lebih dari 1 tahun

Pastikan juga jika burung murai batu ini menunjukkan tanda – tanda ingin dikawini, biasanya sering ditandai dengan burung yang sering berkicau

Anda bisa menempelkan sangkar dengan berdekatan, Anda bisa mengusahakan posisinya menjadi sejajar


Cobalah untuk mengamati sangkar kedua dari burung, jika kedua burung menunjukkan tingkah berdekatan saat tidur maka bisa diartikan burung sudah mulai berjodoh. Tidak disarankan untuk menggabungkannya dengan satu sangkar Anda bisa menunggunya 1 hingga 2 minggu

Menjodohkan dengan menggunakan kandang bersekat

tips ampuh menjodohkan murai batu lainnya adalah dengan menggunakan kadang sekat ini sebenarnya hanya menggunakan 1 kandang saja namun Anda bisa memberikan sekat pemisah antara burung murai batu jantan dan betina.

Cara menjodohkannya juga sangat praktis dan jauh lebih mudah. Walaupun demikian dalam proses menjodohkan burung murai batu dengan sangkar tentu saja ada kekurangannya. Dan salah satu kelemahannya adalah pada saat pejantan ada di dalam kondisi yang sangat terlalu birahi. Dimana pejantan akan berusaha untuk menabrak sekat dari pembatas untuk bisa langsung mengawini betina. Sedangkan pada burung murai batu betina, biasanya akan menjadi ketakutan karena merasa nantinya akan terluka oleh burung murai batu jantan. Untuk itulah yang menyebabkan sistem perjodohannya terhambat.

Menjodohkan burung murai batu dengan sistem karamba

Proses menjodohkan burung murai batu juga sebenarnya bisa Anda lakukan dengan menggunakan sistem karamba. Dimana  prinsip ini adalah dengan cara menyeimbangkan tingkat berahi dari burung jantan dan betina agar tidak bertengkar sehingga bisa menciptakan keadaan dimana kedua burung bisa mandi bersama. Dan salah satu cara menjodohkan burung murai batu dengan cara ini memang terbilang sangat unik.

Ada banyak juga peternak yang menggunakan cara ini. Dimana sangkar karamba yang digunakan biasanya dibuat dari bahan dasar kayu atau bisa juga dengan bahan aluminium. Dan jangan lupa untuk Anda menyediakan air yang cukup dengan tujuan agar bisa membuat burung murai batu jantan dan burung murai batu betina bisa mandi bersama. Dan sangat disarankan pada saat Anda melakukan proses menjodohkan murai dengan sistem karamba, ada baiknya burung jantan dan betina harus Anda kenalkan terlebih dahulu. Biasanya langkah yang dilakukan adalah dengan menempelkan sangkar dari kedua. Jangan langsung mencampurkan burung murai batu jantan dan burung murai batu betina dalam satu sangkar karamba, Anda bisa melakukannya 12 jam kemudian. Dan setelah itu, Anda bisa memasukkan keduanya dalam satu sangkar dengan tujuan agar burung murai batu bisa mandi bersama dan saling tertarik satu dengan lainnya.

Itulah beberapa tips ampuh menjodohkan murai batu dengan beberapa metode yang bisa Anda gunakan agar bisa berhasil dalam menjodohkan murai. Namun yang terpenting untuk bisa berhasil dalam melakukan proses penjodohan untuk burung murai batu sebenarnya sangat tergantung dengan seberapa besar kesiapan induk jantan dan burung betina dari murai batu. Untuk Anda sebagai peternak sendiri adalah seberapa besar kesabaran dan keuletan Anda dalam melakukannya juga penting.

Artikel Terkait

Share this: