Penasaran dengan Suara Indahnya? Ini Dia Jenis Murai Batu Berdasarkan Daerah & Kelebihannya

Jenis murai batu berdasarkan daerah & kelebihannya. Siapa yang tidak kenal dengan burung satu ini. ya murai batu. Burung kecil bersuara emas. Banyak sekali yang mengemari suara kicaunya ada juga karena bentuknya yang sangat cantik. Anda juga penggemar atau malah memelihara juga?  Ternyata burung ini memiliki jenis lainnya lho. Apa aja ya? Ini dia Jenis murai batu berdasarkan daerah & kelebihannya


Yuk Kenalan dengan Murai Batu
Murai Batu adalah burung kecil dari keluarga Muscicapidae. Sebelumnya diklasifikasikan sebagai anggota keluarga thrush, Turdidae, Ras nominasi ditemukan di Ghats Barat dan sebagian India selatan sementara leggei ditemukan di Sri Lanka. Race indicus ditemukan di bagian utara India. Ras albiventris ditemukan di Kepulauan Andaman dan sekarang biasanya dianggap sebagai spesies yang berbeda, yaitu Andaman shama. Ras interpositus dari Asia-Cina barat daya ke Myanmar, Thailand dan Kepulauan Mergui. Cina Selatan memiliki ras mallopercnus kecil yang ditemukan di semenanjung Melayu. Komoditi tricolor ditemukan di pulau Sumatra, Jawa, Bangka, Belitung dan Karimata.

murai batu medan

Spesies ini mendiami hutan basah tropis dataran rendah, hutan rawa, perkebunan pohon yang ditumbuhi, hutan sekunder, hutan bakau dan pembukaan hutan, dari permukaan laut sampai 1500 m di Thailand, namun biasanya berkisar antara 500-600 m. Ini cenderung lebih menyukai semak belukar dan rindang teduh, di mana ia mencari rumput di tanah dan di lapisan bawah untuk arthropoda, juga mengambil cacing dan buah beri.
Jenis Murai Batu Berdasarkan Daerah dan kelebihannya.
  1. Murai Batu Malaysia. Kita mulai perkenalannya dari murai batu manca negara, yaitu dari Malaysia, Murai Batu Malaysia. Murai batu Malaysia seperti namanya berasal dari Malaysia. Jenis yang satu ini populer dengan sidat dan tangguhnya. Sangat agresif dan memiliki mental baja, sangat kuat. Burung murai batu Malaysia ini juga ditemukan di daerah-daerah seperti Pahang, Kelantan dan Selangor. Mereka semua tangguh. Selain tangguh, suaranya juga merdu lho. Bukan merdu biasa tetapi merdu yang khas. Tak heran jenis murai batu yang memiliki panjang ekor hingga 21 cm ini banyak diikutsertakan lomba.
  2. Murai Batu Thailand. Beralih ke utara dari Malaysia ada Murai Batu Thailand. Walaupun namanya Thailand, jenis ini bisa anda jumpai di Thailand dan Malaysia. Apalagi jika diperbataskan antara keduanya. Mereka sangat menyukai tempat sejuk dan asri. Tentu yang masih suci, artinya belum banyak di jamah oleh orang. Untuk ukuran badannya sendiri, murai batu Thailand lebih kecil dari yang lainnya, tetapi jika ukuran ekor bisa sampai 38 cm lho, lebih panhang dari murai batu Malaysia. Mentalnya sangat kuat sehingga bisa berkicau sangat kuat pula.
  3. Murai Batu Filipina. Tak jauh dari Filipina dan Malaysia, terdapat jenis murai batu lainnya yaitu Murai Batu Filipina. Jika kedua jenis di atas masih sering dikompetisikan, untuk jenis ini banyak yang mengincarnya untuk koleksi pribadi. Kenapa karena memiliki fisik yang sangat indah. Perpaduan warnanya, bulunya yang lembut, bentuk badannya yang ideal membuat setiap orang ingin memeliharanya. Ia juga lebih baik di koleksi karena kicaunya tidak sekuat dua jenis murai luar negeri lainnya.
  4. Murai Batu MedanAda di barat Indonesia tepatnya di Medan, terdapat Murai Batu Medan. Walaupun namanya Medan tetapi burung ini tidak asli dari sini melainkan dari Semenanjung Malaysia ataupun aceh. Habitat alaminya yaitu bukit lawang, Bohorok dan Gunung Leuser. Sangat di sayangkan, populasinya hingga saat ini mulai menurun. Bahkan sangat sukar untuk didapatkan. Kelebihan Burung ini sendiri yaitu tubuhnya yang besar dengan warna gelap yang mengkilap. Body murai batu medan ini sangat tegap. Panjang ekornya yang mencapai 30 cm akan berdiri tegak ketika burung mulai bernyanyi.
  5. Murai Batu LampungMelangkan turun dari medan, kita bertemu dengan Murai Batu Lampung. Sama dengan jenis yang Medan, ini juga sangat langka lho. Habitatnya banyak digunakan untuk tempat tinggal penduduk sehingga mereka tergusur dan lama-kelamaan muali sedikit jumlahnya. Hampir sama dengan jenis yang Malaysia, ini jenis yang agresif dan memiliki mental kuat.
  6. Murai Batu Borneo / KalimantanBerjalan Ke timur pulau Sumatra anda akan bertemu Muari Batu Kalimantan atau Borneo. Burung murai borneo ini dibedakan lagi menjadi 3 kelompok yaitu murai batu Mahkotam, murai batu Banjar dan murai batu Palangka. Murai borneo tidak memiliki ekor yang panjang sepanjang murai luar negeri, ia hanya memiliki ekor maksimal sepanjang 13 cm. Walaupun suaranya tidak khas, tetapi matanyalah yang khas besar dan tajam.
  7. Murai Batu Jawa / LarwoDi Jawa sendiri ada juga murai batu, walaupun areanya sudah padat penduduk yang merupakan bukan favorit murai batu tinggal. Jika di bandingan dengan murai batu medan, jenis ini kalah jauh. Tetapi tidak berarti murai jawa jelek. Murai batu jawa ini sangat khas ketika berkicau. Jika yang lainnya ekor dan bulu dadanya tegak ketika berkicau, murai batu bulu kepalanyalah yang akan berdiri. Sangat khas bukan.

murai batu lampung

Murai batu memang sangat terkenal apalagi dengan kicauan merdunya dan bulunya yang sangat indah bercorak warna-warni. Di dunia ini, banyak sekali jenis burung murai ketujuh di
 atas contohnya. Murai ini berkembang di Asia Tenggara, maka mereka lebih banyak juga di temukan di sini. Nah itu tadi mengenai Jenis murai batu berdasarkan daerah & kelebihannya


Artikel Terkait

Share this: