Cara Ampuh Menumbuhkan Bulu Murai Ketika Dalam Siklus Mabung

Cara ampuh menumbuhkan bulu murai. Ketika memiliki burung berkicau indah seperti murai batu, tentu penampilan juga yang utama. Sayangnya burung murai batu sendiri dalam suatu momen akan mencabuti bulu ekor indahnya yang panjang. Momen tersebut yang biasanya dikenal dengan siklus kerontokan bulu murai yaitu siklus mabung. Pada saat ini anda harus merawat dengan sangat baik. pada siklus ini metabolisme murai lebih baik dari pada normalnya hingga 40 persen. Penuhilah kebutuhan nutrisi dan gizi agar kerontokan tidak parah.
Baca juga postingan saya sebelumnya tentang merawat pertumbuhan ekor murai pasca mabung disini

Hal tersebut normal. Tetapi bagaimana jika tidak berhasil merawatnya apada siklus mabung dan bulu murai tidak tumbuh kembali, jadi mengerikan bukan? Namun tenang saja ada kok cara ampuh menumbuhkan bulu murai. Cara-cara ini membutuhkan ketelatenan dan rutin. Caranya sangat alami dan mudah sekali di lakukan.




Teknik Perawatan Saat Siklus Mabung
Siklus mabung memang menakutkan jika tidak di lakukan perawatan dengan benar. Begini teknik perawatan murai batu anda ketika masa mabung.
  • Ketika siklus mabung, pisahkan burung anda dengan burung lainnya. masukan pada sangkar khusus. Dan pastikan sangkar selalu dalam keadaan bersih. Bersihkan secara rutin sangkar setiap hari agar jamur dan bakteri tidak mudah menyerang murai batu.
  • Ketika anda rasa siklus mabung mulai datang, mulailah merubah pola makan yaitu dengan memberikan makanan berprotein dan gizi tinggi yang lebih dari biasanya. Perawatan keseharian dan latihan murai seperti berlatih berkicau juga harus di ubah. Perubahan ini akan membuat siklus mabung lebih cepat. Misalnya yang seharusnya beberapa Minggu menjadi hanya beberapa hari.
  • Mandi sangat diperlukan, tetapi tidak boleh sesering biasanya. Ketika sudah mulai memasuki siklus mabung, yang awalnya burung dimandikan setiap hari, kurangi porsi menjadi 1 minggu sekali. Mandikan 1 minggu sekali di siang hari pukul 12.00. segera keringkan murai batu dan jangan di angin-anginkan. mandi ini perlu anda hindari jika anda melakukan perawatan misalnya perawatan bawang putih yang mengharuskan burung diolesi bawang putih.
  • Jika biasanya murai diberi jangkring, kurangilah porsi jangkring hingga 60%.jika sudah kembali normal, bulu tidak rontok, beri jangkrik seperti normalnya. Kembalikan porsinya. Malah sebagiknya tambahkan porsi untuk EF dan jangkring.
  • Rutin selama 2-3 kali seminggu memberikan vitamin
  • Selama masa ini, anda juga bisa memberikan murai anda dengan penumbuh bulu khusus burung. Hati-hatilah memilih. Pastikan obat tersebut tidak menyakiti burung murai anda.
  • Selama masa mabung jangan biarkan burung murai berada di bawah sinar matahari terus-menerus. Masa mabung burung murai batu dilarang berjemur.
  • Jangan ganggu burung anda. karena pada masa ini mereka mencari ketenangan. Jangan sering menyentuh sangkarnya. Mengganggu mereka juga akan membuat mereka stres dan akibatnya bulu yang rontok semakin banyak.
  • Tidak boleh sering menyentuh sangkarnya bukan berarti anda tidak boleh sama sekali melihat secara dekat burung murai. Sebaliknya, sekali-kali ajaklah burung murai anda berbicara dan mengobrol. Tidak terlalu sering karena akan mengganggu


Bawang Putih Penumbuh Bulu Murai Batu
Cara pertama yaitu menggunakan bawang putih. Ya bumbu yang anda bisa dapatkan di dapur. Anda bisa menggunakan bawang putih sebagai penumbuh bulu murai dengan mengoleskannya langsung ke bagian yang bulunya tidak ada atau yang bulunya kurang panjang. Selain itu anda bisa menambahkan bawang ini di makanan burung murai. Lama-kelamaan bulu burung murai akan kembali indah. Ini semua karena manfaat bawang putih yang berupa:
  • Luka pada burung akan tertutup dan terobati dengan pemberian bawang putih
  • Bawang putih sebagai pelindung sekaligus anti bakteri agar murai batu tidak gampang terserang virus dan bakteri
  • Rasa hangat akan dirasakan burung murai ketika kita memberikan bawang putih
  • Penyakit seperti cacingan dan pilih pada burung bisa sembuh dengan menggunakan bawang putih
  • Dengan bawang putih, murai batu terbebas dari jamur

Bagaimana menggunakan bawang putih sebagai Cara ampuh menumbuhkan bulu murai? Caranya cukup mudah, ambil 1 siung bawang putih, kemudian haluskan. Ketika sudah halus anda bisa menggunakannya sebagai campuran pakan atau dioleskan langsung. 1 siung ini bisa digunakan untuk dua burung murai batu sekaligus. Cukup mudah bukan?


reset dari rempah-rempah

Kunyit dan Sirih Penumpuh Ekor Murai
Cara ampuh menumbuhkan bulu murai  berikutnya yaitu dengan kunyit dan sirih. Campuran dari kunyit dan sirih ini akan mengembalikan bulu indah murai batu. Berikan ramuan ini pada burung murai anda secara berturut-turut minimal 3 hari. Yang anda butuhkan adalah beberapa lembar daun sirih. Daun sirih ini juga sebagai desinfektan alami yang akan membunuh kuman dan jamur yang menempel di bulu atau kulit murai batu. Sirih siap, siapkan juga kunyit. Kira-kira kunyit yang anda perlukan sebesar jari telunjuk untuk 2 lembar daun sirih. Kunyit sendiri akan memberikan kesejukan di permukaan kulit murai. Ramuan ini lebih efektif jika digunakan bersama ramuan 1 siung bawang putih. Tumbuk daun sirih. Tumbuh kunyit lalu peras. Campurkan keduanya. Hasil campuran tersebut oleskan pada bagian yang botak atau rontok. Selama burung murai batu diberikan pengobatan ini, jangan mandikan terlebih dahulu. Jangan tersiram air.

pada siklus mabung murai batu memerlukan perawatan khusus. Pada masa ini bulu mengalami kerontokan. Jika dibiarkan tentu akan sangat mengerikan dan burung anda juga bisa sakit akibat bakteri dan virus. Di atas adalah beberapa cara merawat murai batu ketika siklus mabung dan Cara ampuh menumbuhkan bulu murai.

sumber gambar :
damadu.net | omkicau.com


Artikel Terkait

Share this: