Tips Memaster Murai Bakalan

Murai bakalan – Berbagai cara dilakukan penghobi burung untuk mengisi suara burung kesayangan mereka. Salah satu caranya adalah memberikan suara masteran burung lain sedari burung masih kecil atau masih bakalan. Termasuk burung murai, memberikan masteran murai bakalan sangatlah penting karena hal itu bisa menentukan kegacoran murai saat dewasa nanti.

Berapa usia murai bakalan?
Bagi anda yang baru membeli murai bakalan pastikan murai berumur kurang lebih 3 bulan dan sudah masuk tingkat aman tahap kedua yaitu sudah dapat makan voer dan EF sendiri. Di usia seperti ini murai mengalami masa metobolisme yang bagus secara fisik dan mental. Untuk menetukan masa depan murai (ceilahh hhaha) perawatan murai  pada masa  seperti ini yang akan menetukan suara dan mental murai nantinya.


murai bakalan
Bagaimana memaster murai bakalan?
 Masa murai bakalan adalah masa yang paling pas untuk melatih murai tahap pertama, berikan suara masteran burung lain seperti suara ciblek atau kenari. Pemberian masteran bisa melalui suara elektronik atau melalui burung asli. Pemberian masteran melalui burung asli memiliki keunggulan sendiri daripada melalui media elektronik, karena selain memaster suara murai melalui burung asli juga akan melatih mental murai. Dengan memberikan masteran jenis petarung kecil (kenari/ciblek) juga bertujuan untuk dihindarkan dari kekhawatiran murai menjadi drop jika diberikan masteran dengan burung tipe petarung lain yang lebih besar dan atraktif.

Bagaimana melatih mental murai bakalan?
Seperti yang saya sebutkan tadi, pemberian masteran dengan burung lain bertipe petarung kecil sangat saya anjurkan untuk melatih murai bakalan anda. Caranya adalah selalu menggantung murai dengan masterannya secara berdekatan, selalu pantau perkembangannya agar hasilya sesuai yang diharapkan.  Selain itu selalu jaga kesehatan murai dengan memberikan suplemen multivitamin terpercaya yang ada dipasaran.


Terima kasih semoga bermanfaat :-)
sumber gambar : google image
Baca juga :
Manfaat kandang keramba untuk murai
Perawatan Murai mabung
Suplemen mineral yang cocok untuk murai
Kandungan mineral yang dibutuhkan murai
Multivitamin yang tepat untuk meningkatkan birahi murai
Mengontrol birahi murai penangkaran
Telur putih sebagai pengganti kroto pada murai
Benarkah tahu bisa sebagai pengganti kroto
Kisaran harga murai batu medan

Artikel Terkait

Share this: