PERAWATAN PRENJAK BAKALAN

PRENJAK LIAR- Seperti yang sudah saya posting kemarin tentang perawatan ciblek liar, kali ini saya akan membahas lagi tentang ciblek yaitu  perawatan burung prenjak liar atau yang masih bakalan. metode kali ini tidak jauh berbeda dengan perawatan ciblek liar,
untuk membuat prenjak mudah beradaptasi dan untuk membuat prenjak cepat gacor memang perlu perawatan extra. setelah brosing-brosing di mbah google berikut saya sampaikan cara perawatan prenjak bakalan.

Berikan prenjak kroto setiap hari, disamping vour pemberian kroto akan merangsang prenjak untuk berkicau, selain itu pemberian kroto akan menambah stamina dan kondisi prenjak. Saran saya jangan berikan ulat hongkong secara berlebihan, berdasarkan artikel yang saya baca pemberian ulat hongkong secara berlebihan akan membuat mata prenjak menjadi katarak dan juga akan menimbulkan benjolan pada matanya. Pemberian jangkrik juga diperlukan antara 3-4 ekor pada pagi dan sore hari, kalau bisa berikan jangkrik yang sudah anda potong kepala dan kakinya.
Kemudian hal penting lagi adalah jangan memandikan prenjak ketika masih beradaptasi dengan lingkungan barunya, memandikan burung akan mengakibatkan stress yang berlebihan, prenjak akan mampu mandi sendiri jika sudah terbiasa, jangan lupa mengganti air setiap harinya.
Dan yang terakhir adalah  penjemuran yang dapat dilakukan antara 1-2 jam setiap pagi.
prenjak berjemur
Dengan perawatan yang extra dan kesabaran, prenjak insyaallah akan menjadi cepat beradaptasi dengan lingkungan kandang yang baru dan akan cepat gacor. Juga perlu diingat prenjak akan lebih gacor jika mendengar betinanya, jadi jika anda merawat prenjak liar usahakan dekatkan dengan betina prenjak yang anda punya.
pasangan prenjak
sumber referensi : burunglokal.blogspot.com
gambar :google.com

Artikel Terkait

Share this: