Cara Memilih Pleci Ombyokan Dan Merawat Hingga Gacor

Pleci Ombyokan –  Jika anda pergi kepasar burung pasti mendapati penjual burung pleci yang menjual pleci dalam kandang ombyokan (sekelompok pleci yang dijual dalam satu kandang). Karena hampir semua pleci ombyokan merupakan pleci liar yang ditangkap kemudian diperjual belikan dipasar. Hal tersebut memang umum terjadi dikarenakan sampai saat ini burung pleci masih banyak dijumpai di sawah-sawah atau sekitar pemukiman, sehingga penangkaran burung pleci bisa dikatakan belum ada sampai saat ini. Burung pleci sendiri merupakan burung kecil yang masih banyak peminat dan semakin bertambah, Hal ini diiringi dengan kelas perlombaan pleci yang terus bertamabah diberbagai ajang lomba burung kicauan. Dalam satu perlombaan biasanya akan dibuka dua kelas pleci saja dan biasanya kelas pleci akan dibuka lagi karena antusias peserta yang banyak. Salah satu komunitas pleci yang terkenal adalah Pleci Mania Indonesia (PCMI) yang sampai saat ini secara rutin terus menggelar even khusus burung pleci.
memilih pleci ombyokan
sumber : hargaburungkicau.com
Dengan harga yang sangat terjangkau dan besarnya keuntungan jika pleci menjuarai perlombaan inilah yang mungkin menjadikan kelas lomba pleci ramai peserta. Disamping itu perawatan burung pleci tidaklah sesulit burung kicauan lain, suaranya sendiri sangat merdu didengar jika pleci sudah gacor. Hanya bermodal beberapa puluh ribu saja anda dapat membeli seekor burung pleci liar dan dengan sedikit ketekunan merawat hinga pleci menjadi jinak dan gacor kemudian dapat diterjunakan dalam perlombaan. Tak jarang juga  burung pleci yang sudah menjuarai lomba saat ini dulunya juga merupakan pleci liar yang dibeli dari pedagang pleci secara ombyokan.

Pleci yang diperjual belikan dalam kandang ombyokan biasanya merupakan jenis pleci dakun (dada kuning) yang merupakan pleci yang mendominasi di semua pasar burung di Indonesia. Untuk lebih jelasnya tentang pleci dakun baca artikel berikut : mengenal lebih dekat jenis pleci dakun. Dalam satu kandang ombyokan bisa dijumpai dua jenis pleci dengan warna bulu dada yang berdeda, yang satu bewarna kuning dan satunya berwarna putih (abu). Biasanya pleci dengan dada kuning akan dibandrol dengan harga yang lebih mahal dari pleci yang berdada putih, hal ini karena (katanya) pleci dengan dada kuning  biasanya cepat jinak dan mudah gacor.
memilih pleci ombyokan
sumber : masterankicauan.blogspot.com
Dalam memilih pleci ombyokan juga harus memperhatikan beberapa faktor, berikut saya rangkum beberapa faktor penting sebelum membeli pleci ombyokan baik yang berdada kuning maupun putih
  1. Perhatikan diantara gerombolan pleci tersebut pleci mana yang paling lincah, sehat dan mendominasi diantara gerombolan tersebut.
  2. Pilih pleci dengan mental bagus. Bisa dilihat ketika pleci didekati tangan, pleci dengan mental bagus tidak akan terlalu takut. Tapi tidak semua pleci bisa begini cara memprediksi mentalnya bagus atau tidak, namanya juga pleci masih ombyokan (liar) masih agak sulit memprediksinya.
  3. Memiliki bentuk badan lancip memanjang dan tidak membulat pada bagian dada.
  4. Tips dari om alex03 (kicaumania.or.id). Sebelum memilih pleci usahakan kondisi sekitar agak sepi kemudian setel mp3 masteran suara pleci. Pilih pleci bagus yang menyahut suara masteran dengan memperhatikan lehernya yang bergetar mengikuti suara masteran (ngelagu tapi pelan) sedangkan pleci yang jelek hanya akan bengong saja.  
Jika sudah didapat calon pleci yang sesuai dengan kriteria anda, saatnya nego harga sama penjualnya, lebih murah lebih baik hhehe. Jika pleci sudah didapat saatnya merawat pleci tersebut agar jinak dan gacor. Kalau ala saya cara perawatannya agar gacor sangat sederhanya, cuma sering dimaster dan setiap pagi ditaruh di dekat kamar mandi. Biasanya pleci saya akan ngoceh setiap mendengar suara air mengalir dari keran, setelah beberapa bulan pleci udah gacor aja tapi sayang mentalnya masih perlu diasah, soalnya masih belum bisa gacor kalau didekati orang.

Intinya saat memilih pleci ombyokan adalah harus sabar, jeli dan teliti dan selalu cermati sifat pleci dengan seksama dalam kandang ombyokan. Faktor feeling dan sedikit keberuntungan juga menentukan pleci yang akan anda beli dan rawat nantinya hhehe.. semoga beruntung salam ciewww..

Terima kasih semoga bermanfaat.
referensi : kicaumania.or.id
gambar : masterankicauan.blogspot.com | hargaburungkicau.com
Kicau Cicicuit
5 stars - "Informasi Seputar Burung Kicauan" Kicau Cicicuit Informasi seputar info burung, jenis burung, penyakit burung, usaha ternak burung dan tips and trick seputar burung kenari , lovebird , murai batu , decu , prenjak , ternak burung, tips berternak, kicau mania , anis merah, anis, jalak, penangkaran burung, lovebird, ciri lovebird, masteran burung, burung master, penyakit burung, obat burung

1 Response to "Cara Memilih Pleci Ombyokan Dan Merawat Hingga Gacor"