Perawatan Kacer Rumahan

Kacer - Memelihara burung bertipe rumahan itu tentu berbeda dengan memelihara burung untuk lomba. Yang pasti memelihara burung tipe rumahan harus bisa menyesuaikan waktu dengan kesibukan sang pemilik, karena burung rumahan tidak seperti burung yang khusus untuk perlombaan yang banyak menyita waktu dalam perawatannya.


Tak terkecuali bagi anda yang menyukai burung kacer. Kacer menurut saya merupakan burung yang cocok dijadikan peliharaan rumahan, disamping kenari dan lovebird. Selain perawatan hariannya lumayan mudah kacer juga memiliki performa yang bagus dan juga ga malu-maluin jika dijadikan binatang peliharaan dirumah kok hhehe..  Jika anda memilih kacer sebagai binatang peliharaan rumahan sebaiknya memelihara mulai dari kacer bakalan, tujuannya agar bisa mengatur pola makan dan kebiasannya sendiri. Jadi kacer yang anda miliki tidak memiliki kebiasaan manja dan sulit dalam perawatannya.
sumber gambar : olx.co.id

Karena memelihara kacer dari bakalan tentu saja burung tidak akan langsung jadi. Anda juga perlu mengolah sendiri kicauannya dan melatih mentalnya agar sering gacor berbunyi. Mungkin agak repot sih, ya itulah keasyikan memelihara burung apalagi kalo sampai burung mapan.

Apabila ga mau repot memelihara burung dari kecil cara lainnya adalah membeli burung rumahan lain dari teman. Mungkin kedala pertama yang terjadi adalah kacer jadi macet bunyi,  padahal sebelum dibeli masih normal-normal saja. Hal ini memang sering terjadi karena kacer belum terbiasa dengan lingkungannya yang baru. Cara mengembalikannya agar gacor kembali adalah dengan perawatan yang agak intensif, hanya sementara kok sampai kacer sudah kembali normal lagi. Maksud perawatan intensif adalah anda harus mengatur pola mandi, penjemuran, kebersihan kandang dan menjaga asupan makanan yang penuh nutrisi pada kacer. Perawatan yang lain adalah dengan pemasteran supaya kacer terpancing mau bunyi kembali. Pemberian masteran kacer sebaiknya yang bertipe nembak seperti ciblek, lovebird dll.  Pastikan juga penempatan dirumah ditempat yang nyaman dan tidak terganggu oleh binatang lain seperti kucing, tikus dll. Yang selalu diingat adalah gacornya burung itu dipengaruhi oleh kesehatannya juga, jadi pastikan kesehatan burung agar tidak sakit atau stress dengan perawatan yang teratur.
sumber gambar : juarakicau.com
Kalau kacer anda sudah mulai normal kembali, pastikan mengurangi perawatan yang intensif tersebut secara perlahan-lahan. Tapi bukan berarti kacer tidak dirawat loh ya, ya dirawat juga tapi juga tidak seintensif saat baru beli dulu. Misal sebelumnya kacer dimandikan lalu dijemur setiap hari, sekarang menjadi pemandian dan pejemuran dilakukan pas diwaktu anda libur saja. Dengan perawatan yang teratur sesuai dengan kesibukan anda niscaya kacer anda bisa seperti burung kicauan rumah yang gacor dan membanggakan hhehe..

Terima kasih semoga bermanfaat.
referensi : kicaumania.or.id
gambar : olx.co.id | juarakicau.com
Kicau Cicicuit
5 stars - "Informasi Seputar Burung Kicauan" Kicau Cicicuit Informasi seputar info burung, jenis burung, penyakit burung, usaha ternak burung dan tips and trick seputar burung kenari , lovebird , murai batu , decu , prenjak , ternak burung, tips berternak, kicau mania , anis merah, anis, jalak, penangkaran burung, lovebird, ciri lovebird, masteran burung, burung master, penyakit burung, obat burung

0 Response to "Perawatan Kacer Rumahan"

Posting Komentar