Pengalaman Beli Murai Hutan

Sebenarnya kurang setuju saya untuk beli murai hutan, tapi ya mau gimana lagi namanya manusia pasti tergiur sama harga murah. Pengalaman ini dialami bapak saya awal april kemarin, dua pasang murai nias dijual dengan maksud untuk ditukar dengan murai medan ekor panjang sepasang. Kemudian ada orang nawarin murai medan ekor panjang 20cm (murai hutan) dengan harga yang notabene jauh dibawah standar, bahkan harganya dibawah untuk ukuran murai hutan. Burungnya lumayan jinak (inilah kesalahan pertama) kata yang jual burungnya udah mapan.
Padahal panjang banget ekornya loh
Dua hari pertama udah mulai curiga soalnya burung udah kelihatan bobok aja, lima hari kemudian burung udah almarhum hahaha.. Setelah diselidiki ternyata didalam tenggorokan ada pancing kecil. Haduh ni orang ga ada cara lain apa buat jebak burung yang lebih hewani.  Kemudian  diurus ke yang jual jawabannya malah enteng banget “lha wong dari sini aja sehat kok pak”. Yah buat pengalaman aja deh kalo gitu.

”Waduh karepe ngirit malah guwak duwit “  itulah unek-unek bapak saya sampai diposting distatus facebook –nya hhaha..

Dari pengalaman diatas bisa dijadikan pelajaran kalau mau beli mh  itu harus ekstra waspada. Bagi anda yang ingin membeli murai hutan saya sarankan untuk tidak membelinya !!  kita jaga populasi murai hutan ya om, biar tetap lestari hhehe..

Tapi jika anda kekeh ingin membeli mh karena alasan ‘Ngirit’, saya ada beberapa tipsnya nih (plin-plan ya saya? Yobenlah hhaha.. )
  1. Murai hutan itu giras. Namanya juga murai tangkapan dari hutan ya pasti masih giras dan belum terbiasa dengan manusia. Jika anda mendapati murai hutan harga murah tapi diam saja bisa dipastikan burungnya sakit.
  2. Ini tips dari temennya bapak (om Sawitjiidin) : Sebelum beli pastikan anda pegang dadanya dan lihat bagian dalam dada dengan cara ditiup, biarpun burung gemuk kalau ada kebiru-biruan jangan dibeli walaupun dengan separuh harga. Tapi sebaliknya biarpun badan kurus kalo dada kemerah-merahan dan burung giras ga masalah.
  3. Orang-orang biasanya memilih murai berdasarkan warna kakinya. Murai dengan kaki yang kering biasanya kurang diminati
Untuk ciri lainya seperti ciri fisik dll anda dapat mencarinya di artikel lain. Terima kasih semoga bermanfaat, ingat harus ekstra  waspada sebelum membeli murai hutan yaaa!!
Kicau Cicicuit
5 stars - "Informasi Seputar Burung Kicauan" Kicau Cicicuit Informasi seputar info burung, jenis burung, penyakit burung, usaha ternak burung dan tips and trick seputar burung kenari , lovebird , murai batu , decu , prenjak , ternak burung, tips berternak, kicau mania , anis merah, anis, jalak, penangkaran burung, lovebird, ciri lovebird, masteran burung, burung master, penyakit burung, obat burung

0 Response to "Pengalaman Beli Murai Hutan"

Posting Komentar