Mengenal Lebih Dekat Jenis Pleci Dakun

Burung Pleci – Burung kecil kuning ini ternyata memiliki beberapa jenis, salah satu yang paling popular adalah jenis burung pleci dakun (dada kuning). Tapi selain jenis pleci dakun jenis pleci lain yang populer di Indonesia meliputi : Pleci Auriventer, Pleci Buxtoni, Pleci Montanus, Pleci Dakun Bali, Pleci Black Capped dan Pleci Salvadori Enggado. Sebenarnya jika dilihat sekilas semua jenis pleci tersebut memiliki fisik maupun suara yang sama, mungkin hanya sedikit ciri fisik dan asalnya yang membedakan jenis-jenis pleci tersebut.

dada kunign maput vs dada kuning macok

Seperti yang saya bilang diatas jenis pleci dakun merupakan jenis yang paling banyak dijumpai di pasar burung di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan pleci dakun memang memilili daerah persebaran paling luas diantara jenis pleci yang lain, sehingga hanya di tempat-tempat tertentu saja anda bisa menjumpai jenis pleci kecuali dakun. Pleci dakun sendiri memiliki dua tipe, yaitu pleci dakun/dada kuning dan pleci dakun/dada putih (abu).

Pleci dakun / dada kuning
Jenis pleci ini paling banyak dicari oleh pecinta pleci karena memiliki keistimewaan lebih dibanding dengan saudaranya pleci dada putih (abu).  Salah satu kelebihanya adalah jenis ini paling mudah perawatannya dan mudah jinak serta memiliki suara yang merdu. Jika ditelusuri pleci dakun sebenarnya  masih dikelompokkan lagi menjadi dua tipe, yaitu pleci dakun maput dan pleci dakun macok

1. Pleci dakun macok (mata coklat)
Pleci dakun macok juga bisa disebut pleci mata coklat karena iris matanya yang bewarna coklat. Pleci ini merupakakan jenis pleci yang paling laku dipasaran karena hampir setiap pasar burung di Indonesia didominasi oleh jenis pleci mata coklat. Cirinya tentu saja memiliki iris mata bewarna coklat dan bulu punggung dan dada bewarna kuning serta memiliki suara kristal emas.
dakun mata coklat sumber : situsburung.com
2. Pleci dakun maput (mata putih)
Pleci ini bisa dibilang paling istimewa diantara jenis pleci dakun lain, bahkan dari semua jenis pleci. Pleci ini termasuk jenis pleci yang bagus untuk perlombakan karena kelebihannya yang memiliki suara lantang dan keras serta mental tarung yang bagus. Tidak sembarang tempat dapat menjumpai jenis pleci dakun maput karena burung ini hanya dapat diperoleh di gunung Muria  kudus jawa tengah, mungkin jenis pleci ini merupakan burung endemik gunung  Muria. Ciri khas yang mebedakannya adalah pleci ini memiliki iris mata yang bewarna putih, sedangkan ciri lain sama seperti jenis dakun macok yaitu bulu punggung dan dada bewarna kuning. Pleci dakun maput sekarang mulai jarang didapati serta harganya yang jauh lebih mahal dari jenis pleci lain. Pleci dakun maput juga biasa disebut dengan pleci dada kuning mata putih, pleci muria atau pleci kudus.
dakun mata putih sumber : omkicau.com
Pleci dada putih (abu) / Pleci dakun tapi warna dada agak keabuan
Pertama jangan samakan pleci dakun dada (abu) putih dengan pleci dada putih seperti jenis Pleci Auriventer, Pleci Buxtoni atau Pleci Montanus. Jenis pleci dada putih (abu) yang saya maksud disini adalah jenis pleci biasa tapi dengan warna bulu dada yang agak keabuan (kuning keabuan). Saya sendiri juga belum jelas apakah jenis ini merupakan jenis pleci dakun atau jenis pleci lain. Diluar ketidakjelasan tersebut kenapa saya membedakan kedua jenis pleci dakun ini adalah karena dari segi harganya. Yap jika anda pergi kepasar burung dan mendapati penjual burung pleci yang dijual dalam kandang ombyokan (sekelompok pleci liar yang dicampur dalam satu kandang) dengan harga setiap burungnya pasti bervariasi. Biasanya burung pleci dengan dada putih (abu) dijual dengan harga setengah dari pleci yang berdada kuning. Karena katanya pleci yang berdada kuning diyakini lebih gacor dan gampang jinak.Tapi jika dilihat sekilas kedua jenis ini tidak memiliki perbedaan kecuali pada warna bulu dadanya saja. Saya mengira perbedaan bulu ini karena adanya faktor usia pleci CMIIW. Yang jelas sebelum membeli pleci ombyokan usahan cermat dan teliti karena pleci ombyokan biasanya merupakan segerombol pleci liar yang ditangkap dan diperjual belikan. Selain itu faktor keberuntungan juga berperan apakah pleci yang anda beli merupakan pleci yang bagus, karena tidak jarang juga pleci juara lomba dulunya merupakan pleci yang dibeli dari pedagang pleci ombyokan.

Terima kasih semoga bermanfaat
referensi : situsburung.com
gambar : situsburung.com | omkicau.com
Kicau Cicicuit
5 stars - "Informasi Seputar Burung Kicauan" Kicau Cicicuit Informasi seputar info burung, jenis burung, penyakit burung, usaha ternak burung dan tips and trick seputar burung kenari , lovebird , murai batu , decu , prenjak , ternak burung, tips berternak, kicau mania , anis merah, anis, jalak, penangkaran burung, lovebird, ciri lovebird, masteran burung, burung master, penyakit burung, obat burung

0 Response to "Mengenal Lebih Dekat Jenis Pleci Dakun"

Posting Komentar