Mengatasi Kutu dan Mengkilapkan Bulu pada Kacer

Kutu pada Kacer - Salah satu kecantikan kacer adalah pada bulunya apalagi kacer jantan dewasa yang mempunyai warna bulu bagian kepala dan atas berwarna hitam mengkilat, sementara pada sebagian sayap mulai dari bahu sampai ujung sayap sebagian berwarna putih. Kutu pada kacer tentu sangat menggaggu apalagi kutu membuat bulu indah kacer menjadi rusak. Sebenarnya bukan hanya untuk kacer saja, tapi semua burung kicauan lain bisa terjangkit hewan kecil ini. Ciri –ciri burung yang terkena kutu bisa dilihat secara tingkah lakunya. Burung kutuan biasanya kurang bersemangat untuk bunyi, burung  juga sering terlihat mematuk bulunya sendiri untuk mencari kutu. Tapi cara paling efektif untuk melihat burung kutuan atau tidak adalah dengan cara memilah-milah bulunya secara langsung dengan tangan, jika diperhatikan dengan seksama kutu dan telurnya pasti akan terlihat diantara sela-lela bulu burung. Perkembangbiakan kutu juga sangat pesat, jadi jika burung kutuan tidak segera ditangani kemungkinan besar adalah kutu akan menyebar ke burung lainnya yang membuat bulu burung menjadi rusak.
sumber gambar : surgakicau.blogspot.com
Tentu sangat disayangkan apabila bulu kacer akan rusak akibat ulah binatang kecil bernama kutu ini . Kutu biasanya menempel di bulu dan kulit burung, jadi jika kutu ini bergerak atau menggigit akan sangat terlihat burung mematuk matuk bulunya sendiri. Kutu juga membuat bulu kacer menjadi patah dan kusam dan bulu halusnya menjadi rontok, jika anda memiliki kacer dengan ciri tersebut segera periksa apakah kacer mengidap kutu di bulunya.

Dari berbagai sumber di forum-forum burung kicauan, para kicau mania memiliki dua cara untuk mengatasi masalah kutu pada burung. Yang pertama adalah dengan obat alami dan yang kedua adalah dengan obat kimiawi. Saya belum begitu paham mana yang paling mujarab diantara kedua cara ini, tapi yang pasti kedua cara ini sudah terbukti berhasil dilihat dari testimoni oleh banyak kicau mania. Yang perlu diingat adalah jangan asal menggunakannya terutama jenis obat yang kimiawi, selalu baca dan ikuti aturan pakai yang tertera pada kemasan.
Yang pertama yang akan saya bahas adalah dengan cara obat alami. Yang paling mujarab dan sering dipakai oleh banyak kicau mania adalah menggunakan air rendaman daun sirih dan air cucian beras (taji).
sumber gambar : omkicau.com
Dengan air rendaman daun sirih
Caranya sangat sederhana, ambil beberapa helai daun sirih kemudian rebus dengan air secukupnya sampai warna air menjadi hijau gelap. Setelah dingin, kemudian masukkan airnya saja pada penyemptot dan semprotkan pada burung sampai benar-benar merata masuk ke lapisan dalam bulu burung. Setelah itu keringkan burung 1-2 jam hingga benar-benar kering (jangan langsung dibawah sinar matahari) dengan maksud agar kutu beserta telur-telurnya benar-benar mati.  Setelah itu bulu burung dapat disisir secara manual agar kutunya benar-benar lepas dari bulu. Selain disemprot bisa juga dimasukkan ke kandang keramba dengan menganti airnya dengan air daun sirih tadi.

Dengan air bekas cucian beras (taji)
Air bekas cucian beras  bisa menembus lapisan lilin pada bulu burung, dimana kutu dan telurnya ada di dalamya. Cara memakainya bisa sama seperti menggunakan daun sirih diatas. Yang perlu diingat adalah air cucian beras tidak dapat membuat kutu menjadi mati tapi karena sifatnya yang dapat menembuas lapisan lilin sehingga dapat membuat kutu dan telur yang menempel pada bulu burung hilang pegangannya  dan menjadi rontok. Jadi pengkombinasian air cucian beras dan rebusan daun sirih sangat ampuh untuk merontokkan dan mematikan kutu pada burung.

Cara yang kedua yaitu dengan menggunakan obat kimiawi yang ada dipasaran. Saya tidak akan menjelaskan cara pakainya, karena disetiap kemasan pasti ada cara pemakaian sendiri hhehe.. yang pasti selalu gunakan obat yang sudah terpercaya. Beberapa merk yang saya rekomendasikan untuk mengatasi kutu pada burung adalah produk mushi dan FreshAves.  Ada beberapa perdebatan di forum kicaumania tentang masalah kutu ini, banyak yang menyarankan untuk menggunakan obat kutu untuk manusia (misal merk peditok) bahkan ada yang menyarankan memakai air campuran kapur ajaib (obat serangga), kemudian ada juga yang menyarankan pakai rinso/sabun colek.  Apapun itu yang jelas selalu berhati-menggunakan obat –obatan tersebut karena pada dasarnya obat tersebut tidak dikhususkan untuk burung. Tapi  jika anda memiliki referensi yang jelas dan telah dibuktikan oleh banyak orang, maka tidak ada salahnya mencoba menggunakan cara yang agak nyeleneh tersebut hhehe..
sumber gambar : www.barraimaging.com.au
Kemudian untuk mengembalikan bulu burung ke kondisi awal karena lapisan lilin hilang akibat pemakaian obat kutu pada bulu yang mengakibatkan bulu burung menjadi kusam adalah dengan menggunakan minyak ikan. Caranya disuntikkan ke jangkrik dan berikan ke burung. Lakukan setiap hari nisacaya bulu akan mengkilap bersih kembali.
Kusamnya bulu burung juga disebabkan karena kurangnya minyak/lemak di kelenjar lemak yang terletak di atas pantat burung. Untuk mengatasinya juga bisa dengan mengunakan minyak ikan dengan cara yang sama.

Terima kasih semoga bermanfaat.
referensi : omkicau.com | kicaumania.or.id
gambar : www.barraimaging.com.au | surgakicau.blogspot.com | omkicau.com
Kicau Cicicuit
5 stars - "Informasi Seputar Burung Kicauan" Kicau Cicicuit Informasi seputar info burung, jenis burung, penyakit burung, usaha ternak burung dan tips and trick seputar burung kenari , lovebird , murai batu , decu , prenjak , ternak burung, tips berternak, kicau mania , anis merah, anis, jalak, penangkaran burung, lovebird, ciri lovebird, masteran burung, burung master, penyakit burung, obat burung

0 Response to "Mengatasi Kutu dan Mengkilapkan Bulu pada Kacer"

Posting Komentar