Kecantikan Jalak Putih

Jalak putih merupakan burung endemik asli dari Indonesia dan hanya bisa ditemukan di pulau jawa dan bali saja. Sama seperti burung lain yang menempati daerah jawa dan bali, sekarang burung jalak putih mengalami penurunan populasi yang sangat drastis di alam liar. Penurunan jumlah jalak putih disebabkan karena kerusakan hutan serta maraknya perburuan liar yang sulit untuk dihentikan. Semakin sedikitnya populasi burung jalak putih maka pemerintah dengan peraturannya menetapkan jalak putih termasuk satwa yang dilindungi berdasar PP No 7 tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa.
sumber gambar : www.cikanangawildlifecenter.com
Salah satu keunggulan jalak putih sehingga banyak dicari kicau mania adalah suaranya yang bagus, keras dan  bervariasi. Karena jalak putih termasuk satwa yang dilindungi, bagi anda yang ingin memiliki jalak putih maka anda harus membelinya pada peternak yang sudah memiliki sertifikat atas izin dari BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) yang dikeluarkan untuk para peternak jalak putih secara resmi.

Ciri-ciri jalak putih 
Jalak putih memiliki ukuran tubuh sekatar 23cm dengan bulu bewarna hitam dan putih. Warna putih terdapat pada seluruh tubuh kecuali pada ujung sayap dan ekorrnya yang bewarna hitam. Memiliki badan gagah dengan paruh yang lurus , tajam dan kuat.  Sekitar mata dan kaki bewarna kuning, serta memiliki suara keras seperti peluit.
sumber gambar : graceandbradley.blogspot.com
Persebaran dan Populasi 
Merupakan burung endemik Indonesia dan persebarannya hanya di pulau jawa dan bali saja. Tetapi juga sedikit ditemukan di pulau Madura dan Nusa Tenggara (mungkin burung pelarian dari bali). Subspesies jalak putih dibagagi menjadi tiga, yaitu sub -melanopterus berada di banyak daerah di jawa, kemudian sub-tricolor berada di selatan-timur jawa dan terakhir sub-tertius berada di pulau bali (Collar et al. 2012). Jalak putih mengalami penurunan jumlah sejak tahun 1960-an yang dulunya umum dijumpai di jawa timur dan sebagian wilayah jawa tengah dan jawa barat. Namun sekarang sangat sulit dijumpai di ketiga daerah tersebut. Penurunan serupa juga terlihat di pulau Bali dan Nusa Tenggara. Meskipun rutin diadakan pemeriksaan dipasar burung daerah jawa, spesies ini sangat sulit ditemukan (J. Eaton in litt. 2009), dan hanya ada beberapa ekor saja pada tahun 2009 di pulau Dua, Taman Nasional  Baluran dan Taman Nasional Alas Purwo dan pada Menjangan Jungle Beach Resort dan Uluwatu di Bali (J. Eaton, M. Iqbal, S. Mahood and S. Winnasis in litt. 2009). Pada tahun 2007 tercatat hanya ada beberapa ratus ekor di pulau jawa (Braasch 2007) dan pupulasi liar di bali sekarang diperkirakan berjumlah maksimal 100 ekor burung saja, semuanya hanya di taman Nasional Bali Barat (Collar et al. 2012).
sumber gambar  : www.arkive.org
Persebaran alami jalak putih bisa dilihat pada peta dibawah ini :
persebaran alami jalak putih

Terima kasih semoga bermanfaat.
referensi : www.birdlife.org | www.omkicau.com
gambar : www.arkive.org | graceandbradley.blogspot.com | www.cikanangawildlifecenter.com |  www.birdlife.org
Kicau Cicicuit
5 stars - "Informasi Seputar Burung Kicauan" Kicau Cicicuit Informasi seputar info burung, jenis burung, penyakit burung, usaha ternak burung dan tips and trick seputar burung kenari , lovebird , murai batu , decu , prenjak , ternak burung, tips berternak, kicau mania , anis merah, anis, jalak, penangkaran burung, lovebird, ciri lovebird, masteran burung, burung master, penyakit burung, obat burung

0 Response to "Kecantikan Jalak Putih"

Posting Komentar