Jenis Lovebird Parblue

Berbeda dengan jenis lovebird lain, jenis lovebird parblue merupakan salah satu jenis lovebird dengan mutasi warna dari berbagai jenis warna lovebird sehingga dihasilkan jenis lovebird dengan warna yang sangat indah. Parblue sendiri merupakan kependekan dari partial blue (sebagian biru) mengacu pada sebagian warna bulu lovebird yang semu biru-keputihan-kekuningan yang sangat alami. Parblue juga sering disebut lovebird yellow face karena salah satu varian parblue yang terkenal memiliki warna muka kuning keputihan.
sumber : www.lovebirdconnection.com
Sejarah lovebird parblue sendiri  merupakan ciptaan dari peternak lovebird asal amerika bernama felix del valle pada tahun 2001 dan mempopulerkannya sampai sekarang. Dalam proses penciptaan jenis lovebird parblue, sang peternak asli membutuhkan waktu yang panjang menyilangkan berbagai jenis indukan untuk mengembangkan mutasi ini.

Jika anda bertanya berapa jenis lovebird parblue?  bisa dibilang ada ratusan jenis parblue. Hal ini karena  jenis parblue merupakan mutasi warna dari berbagai warna lovebird, sehingga mutasi warna baru akan selalu muncul dari kreasi dan inovasi peternak parblue. Akan  tetapi varian lovebird parblue yang paling terkenal ada dua, yaitu fischeri parblue (kepala kuning)  dan personata parblue (kepala hitam).
ficheri parblue
Ficheri parblue merupakan parblue yang memiliki warna kepala kuning terang sedangkan pada jenis blue series memiliki warna putih –kekuningan. Jenis varian ficheri parblue juga ada berbagai macam, seperti :

  • Parblue standar hijau ( merupakan parblue pertama yang ditemukan)
  • Parblue standar pastel
  • Parblue sable head
  • Parblue blorok 

Sedangkan untuk varian Personata parblue memiliki ciri warna muka bewarna hitam seperti jenis lovebird kepala hitam tetapi dengan warna parblue dan bagian leher bewarna putih kekuningan.
Personata parblue
Lovebird  parblue merupakan jenis lovebird langka dan nilai jualnya tentu diatas jenis lovebird  yang lain. Tingginya harga jual lantaran begitu unik warna dan keterbatasan penangkar jenis ini. Berdasarkan sumber dari omkicau.com beberapa peternak lovebird jenis parblue masih mengimpor indukan dari Negara asalnya amerika karena di Indonesia belum bisa mencetak parblue tanpa menggunakan indukan jenis parblue pula.  Bahkan nilai jual lovebird parblue masih tetap stabil meskipun beberapa jenis lovebird yang lain mengalami keterpurukan harga  beberapa tahun terakhir (meskipun sekarang harga lovebird lain mulai stabil baca : harga lovebird mulai naik dan stabil ). Bagaimana apakah anda tertarik untuk memelihara lovebird parblue?

FYI harga anakan parblue pada saat artikel ini ditulis berkisar mulai Rp 1.750.000,-  sedangkan parblue dewasa mulai harga Rp 2.000.000,-
Baca juga : jenis-jenis lovebird
sumber : www.lovebirdconnection.com
Terima kasih semoga bermanfaat.
referensi : https://omkicau.com/2015/09/16/ragam-lovebird-parblue-di-indonesia-dan-kisaran-harga-saat-ini/ 
http://www.agrobur.com/2015/01/parblue-jenis-lovebird-yang-masih.html 
http://beritaharianhoby.blogspot.sg/2014/11/mengenal-lebih-dekat-love-bird-parblue.html
gambar : http://www.lovebirdconnection.com
Kicau Cicicuit
5 stars - "Informasi Seputar Burung Kicauan" Kicau Cicicuit Informasi seputar info burung, jenis burung, penyakit burung, usaha ternak burung dan tips and trick seputar burung kenari , lovebird , murai batu , decu , prenjak , ternak burung, tips berternak, kicau mania , anis merah, anis, jalak, penangkaran burung, lovebird, ciri lovebird, masteran burung, burung master, penyakit burung, obat burung

2 Responses to "Jenis Lovebird Parblue"

  1. wah cantik lovebirdnya,,,pengen punya

    salam lovebirdmania .. Lovebird parblue

    BalasHapus
  2. Dimana ada jual parblue dewasa 2jtan? Aku mw bwelii spasang nih.

    BalasHapus