Efek Menempatkan Kacer Dalam Satu Ruang

Kacer – Burung kacer yang memiliki bahasa ilmiah Copsychus Saularis merupakan burung kicauan popular yang banyak dipelihara penghobi burung di Indonesia. Burung yang memiliki ciri-ciri suara khas yang keras dan melengking ini memiliki kemampuan menirukan suara burung lain, sebut saja suara cililin, lovebird sampai cucak rowo yang ditirunya dengan sangat apik. Dengan perpaduan suara yang merdu serta keindahan bulu kacer tentu saja kacer merupakan sebuah  primadona bagi pecinta kacer apalagi sebagai pemilik kacer tersebut. Di Indonesia burung kacer memiliki dua  tipe yang paling banyak dipelihara, pertama yaitu kacer poci/dada putih yang merupakan kacer yang berasal dari Sumatra. Dan yang kedua adalah kacer hitam/kacer jawa yang merupakan burung asli dari tanah jawa.  Selain dua tipe tersebut sebenarnya ada juga kacer lain yaitu kacer madagaskar,  kacer borneo dan kacer blorok.
kacer dalam sangkar, kacer, kacer ngoceh, kacer juara
sumber gambar : www.juarakicau.com
Jika membahas tentang jenis kacer saya membagi jenis kacer menjadi dua, ini berdasar perawatannya loh bukan berdasar fisiknya. Yang pertama adalah kacer untuk perlombaan dan yang kedua adalah kacer rumahan. Untuk kacer perlombaan saya ga akan bahas disini, karena akan sangat panjang nantinya  soalnya perawatannya juga membutuhkan keahlian serta waktu yang lama juga.
Sekarang saya akan membahas jika anda memiliki kacer rumahan lebih dari satu, dua atau tiga kacer dalam satu rumah. Loh memang kenapa kalo punya kacer lebih dari satu dirumah? Itu yang akan saya bahas dan yang jelas akan ada sedikit repot mengurus beberapa  kacer tersebut. Yah walaupun cuma kacer rumahan  tentu saja anda tidak mau kan salah satu kacer anda mengalami apa-apa (stres misal). Untuk tips dan penjelasannya simak ulasan saya berikut :

Jangan  menempatkan dua kacer dalam satu ruang / berdekatan.
Perlu diketahui kacer adalah jenis burung petarung. Dan apa yang akan dilakukan jika dua burung petarung saling didekatkan? Yap apalagi kalau bukan bertarung dengan kicauanya masing-masing. Trus yang jadi masalah? Kacer memiliki sifat akan terus bertarung sampai lawannya  kalah. Apalagi jika kedua kacer akan saling tarung sampai buka ekor, ini yang bahaya. Jika dibiarkan seperti ini yang akan terjadi adalah salah satu kacer kalah dan down mentalnya dan kacer tersebut  menjadi mbagong (stres). Tentunya  anda akan pusing lagi mencari cara untuk mengembalikan kacer mbagong tersebut ke kondisi semula.

Solusi tepat adalah tidak mendekatkan kedua kacer dalam satu ruangan/ berdekatan.  Misalnya satu kacer ditempatkan di ruang tamu dan satunya lagi didapur. Saling sahut menyahut kicauan tidak jadi masalah intinya adalah jangan biarkan kedua kacer saling lihat. Solusi lain adalah dengan kandang yang selalu dikerodong, misal anda tidak ada tempat (ruang) lagi untuk meletakkan kacer. Dengan mengerodong kandang  otomatis kedua kacer tersebut  tidak akan saling lihat. Penempatan nya juga jangan saling berdekatan, taruhlah kedua kacer agak berjauhan, misal diantara pojok-pojok ruangan.
tips menjemur kacer, menjemur kacer yang baik, cara menjemur kacer
sumber gambar : www.burunghobi.com
Pemandian dan penjemuran kacer secara bergantian
Alasannya sama seperti penjelasan diatas, intinya jangan sampai kacer ditempatkan bisa saling lihat dan berdekatan. Kalau anda tidak ada waktu untuk menjemur kacer secara bergatian mungkin dengan cara menggunakan sekat tripek atau apapun disetiap kandang adalah solusi yang tepat. Karena tidak mungkinkan masak mejemur kok malah dikerodong hehehe... Dengan memberikan sekat/pembatas disetiap kandang tersebut otomatis setiap kacer tidak akan saling melihat satu sama lain.

Terima kasih semoga bermanfaat.
referensi : kicaumania.or.id
gambar : www.juarakicau.com | www.burunghobi.com
Kicau Cicicuit
5 stars - "Informasi Seputar Burung Kicauan" Kicau Cicicuit Informasi seputar info burung, jenis burung, penyakit burung, usaha ternak burung dan tips and trick seputar burung kenari , lovebird , murai batu , decu , prenjak , ternak burung, tips berternak, kicau mania , anis merah, anis, jalak, penangkaran burung, lovebird, ciri lovebird, masteran burung, burung master, penyakit burung, obat burung

0 Response to "Efek Menempatkan Kacer Dalam Satu Ruang"

Posting Komentar