Umur Murai dalam Performa Terbaiknya

Murai Batu - Tak lengkap rasanya sebelum membaca artikel ini tanpa mengetahui jenis-jenis anakan murai batu, karena artikel ini akan membahas tentang peforma murai batu dari anakan  hingga murai batu dewasa (baca : merawat anakan murai batu dari piyik sampai trotolan)

Murai batu dengan performa terbaik adalah murai batu yang sudah siap performa serta mentalnya. Sebagian orang berpendapat jika murai batu muda (setelah masa mabung pertama) adalah murai batu yang sudah memiliki performa terbaik dan siap untuk diperlombakan. Saya tegaskan itu merupakan pendapat yang salah, murai muda merupakan murai yang masih perlu dilatih terutama melatih mentalnya. Saya pernah baca disebuah artikel dari om kicau sebuah kisah pemilik murai yang menurunkan murai mudanya dalam perlombaan yang mampu mengalahkan murai-murai lain yang lebih senior. Memang murai tersebut menjadi juara tapi apa yang terjadi setelahnya adalah burung mati karena perubahan perilaku setelah lomba, baca artikel om kicau berikut untuk kisah lengkapnya web omkicau

perkiraan : murai muda
Murai merupakan burung yang sangat agresif dalam berkicau, pada masa trotolanpun anda dapat melihat performa kicauannya walaupun masih tahap ngeriwik saja. Bahkan pada masa trotolan para pemilik murai mulai memaster murai mereka untuk mengisi suara ocehan pertamanya. Setelah masa mabung pertama atau disebut murai muda bisa disebut masa keemasan untuk melatih murai dengan suara-suara masteran yang bermacam-macam.  Murai muda memang terlihat sudah matang tetapi sebenarna belum dalam segi mental jika dibandingkan dengan murai yang lebih senior. Murai muda bahkan sudah matang untuk berkembang biak tapi tidak untuk diturunkan dalam perlombaan.

Lalu kapan performa terbaik murai siap diperlombakan?
Banyak pakar murai mengatakan kalau performa terbaik murai adalah setelah masa mabung ketiga, kalau diperkirakan umur sekitar berumur 4 tahun. Dari segi fisik dan mental murai ini sudah bisa dikatakan murai dewasa yang siap diterjunkan dalam perlombaan.

Kalau umur matangnya saja sudah memasuki tahun keempat lalu berapa umur murai batu?
Tergantung jenis murainya, katanya kalau murai dihutan hanya bertahan sampai umur 7 tahun saja, tetapi jika murai yang dipelihara manusia karena adanya factor perawatan dll umurnya biasanya mencapai belasan tahun. Jadi jika anda memiliki murai dengan umur matang sekitar 4 tahun maka murai anda tersebut masih memiliki masa jayanya hingga umur sekitar 8-10 tahunan, masih lama bukan? Setelah masa jayanya biasanya pemilik murai tidak akan menerjunkan murai nya untuk perlombaan dan hanya dijadikan murai rumahan atau sebagai masteran murai lain.

Terima kasih semoga bermanfaat :-)
referensi : omkicau.com
gambar  : google image
Kicau Cicicuit
5 stars - "Informasi Seputar Burung Kicauan" Kicau Cicicuit Informasi seputar info burung, jenis burung, penyakit burung, usaha ternak burung dan tips and trick seputar burung kenari , lovebird , murai batu , decu , prenjak , ternak burung, tips berternak, kicau mania , anis merah, anis, jalak, penangkaran burung, lovebird, ciri lovebird, masteran burung, burung master, penyakit burung, obat burung

0 Response to "Umur Murai dalam Performa Terbaiknya"

Posting Komentar