Stop Membeli Murai Batu Hutan !!

Murai Batu – Kepunahan murai batu di Indonesia sudah memasuki masa kritis, daerah penyebaran murai seperti: Sumatera , Kalimantan, Jawa dll menunjukkan penurunan populasi burung murai setiap tahunnya. Bahkan di pulau jawa jenis murai batu jenis jawa sudah sangat jarang ditemui keberadaannya. Penyebab terjadinya kepunahan murai batu tidak lain tidak bukan karena adanya perburuan dan perdagangan secara illegal. Perburuan liar akan selalu ada karena permintaan burung murai batu hutan di berbagai wilayah masih tinggi dan belum ada tindakan nyata dari aparat yang berwajib untuk mengatasinya.

Perdagangan murai batu ilegal
Meskipun murai batu adalah termasuk satwa yang dilindungi undang-undang tapi pada kenyataannya perdagangan murai batu hutan masih banyak dan selalu ada di setiap pasar burung diberbagai wilayah di Indonesia. Jika hal ini terus dibiarkan terjadi maka rusaknya ekosistem hutan dan punahnya murai batu mungkin tidak akan terhindari untuk  beberapa tahun kedepan.

Perburuan liar murai batu
Langkah mengatasi kepunahan murai batu liar
Pemburuan murai liar dihutan semakin marak seiring dengan permintaan murai batu hutan di pasaran. Jadi pegawasan dan kepedulian banyak pihak harus ditingkatkan untuk mengurangi perdagangan murai hutan . Semakin berkurangnya permintaan secara otomastis pemburuan liar bisa berkurang dengan sendirinya. Jadi perlu adanya himbauan bagi masyarakat untuk tidak membeli murai hutan dan adanya hukuman yang nyata bagi penjual murai hutan dipasaran.

Perburuan liar murai batu
Stop membeli murai hutan! Belilah murai penangkaran!
Murai hutan adalah murai yang ditangkap secara liar dihutan (biasanya di hutan sumatra) kemudian diselundupkan dan dijual diberbagai kota di jawa. Dari segi kualitaspun murai hutan termasuk jenis murai yang tidak bagus karena memang pada  dasarnya murai ini bukan burung peliharaan.
Murai penangkaran, yaitu jenis murai yang memang dibudidayakan untuk dijadikan burung peliharaan. Ciri-ciri yang paling gampang adalah adanya tanda  cicin/ring yang ada di kakinya yang bertuliskan identitasdari peternak murai tersebut. Murai penangkaran memiliki kualitas diatas murai hutan dari segi fisik dan mentalnya yang sudah biasa dengan manusia sejak murai masih bakalan. Harganya juga jauh diatas murai hutan, inilah sebab mengapa murai hutan masih ada laku dipasaran karena selisih harga murai yang terlalu tinggi sehingga banyak masyarakat yang membeli jenis murai hutan untuk dipelihara.

Jadi jika anda adalah seorang kicau mania dan pecinta burung kicauan maka jangan beli murai hutan, selamatkan ekosisitem murai liar di Indonesia agar murai bisa terus lestari dan dan tetap terjaga. Salam kicau mania

Sumber gambar : google image
Kicau Cicicuit
5 stars - "Informasi Seputar Burung Kicauan" Kicau Cicicuit Informasi seputar info burung, jenis burung, penyakit burung, usaha ternak burung dan tips and trick seputar burung kenari , lovebird , murai batu , decu , prenjak , ternak burung, tips berternak, kicau mania , anis merah, anis, jalak, penangkaran burung, lovebird, ciri lovebird, masteran burung, burung master, penyakit burung, obat burung

0 Response to "Stop Membeli Murai Batu Hutan !!"

Posting Komentar