Perkiraan Waktu Reproduksi Murai Penangkaran

Murai Batu - Tips cara berternak murai sudah saya bahas (baca : bertenak murai ), cara menjodohkan murai juga sudah (baca : tips menjodohkan murai ) sekarang saya akan membahas tentang berapa lama proses reproduksi murai sampai menghasilkan anakan. Yang saya bahas kali ini adalah kisaran waktu yang dibutuhkan indukan murai untuk menghasikan anakan, indukan disini merupkan pasangan yang memang sudah jodoh dan siap reproduksi di kandang penangkaran, jadi buat yang murainya belum ada jodoh silahkan baca dulu cara menjodohkan murai ya hhehe.

Ketika murai jodoh dan sudah ditempatkan di kandang penangkaran tidak membutuhkan waktu lama untuk sampai pada masa pengeraman. Pada saat seperti ini (sebelum bertelur) berikan EF agar menambah birahi murai dan cepat bertelur. Biasanya juga masa seperti ini jantan akan membuat sangkar untuk betinanya, berikan ranting dan daun-daunan kering agar dapat menjadi bahan membuat sangkar untuk induk jantan.


masa mengeram telur
Masa Pengeraman telur, Masa kritis pertama
Sekitar 5 – 7 hari setelahnya periksa sangkar dengan hati-hati apakah betina sudah mulai mengerami telur, jika sudah terlihat inilah yang disebut masa kritis tahap pertama.  Kurangi pemberian EF agar murai tidak naik birahinya, murai birahi cenderung agresif dan mungkin bisa membahayakan telur.
Selalu pantau kondisi kandang dari serangan predator, pengalaman saya selama ini predator yang paling sering mengaggu adalah tikus. Jika penggagu seperti ini tidak ditangani dapat menyebabkan betina menjadi tidak nyaman dan tidak mau mengerami telurnya, akibatnya telur menjadi tidak menetas karena suhu pengeraman yang tidak stabil. Selalu jaga juga kondisi sangkar dalam keadaan tenang dan nyaman agar proses pengeraman dapat berjalan lancar.

masa indukan merawat anakan
Masa Indukan merawat anakan, Masa kritis kedua
Dalam keadaan normal setelah dierami selama kurang  lebih 2 minggu bisa dipastikan telur sudah menetas jika tidak ada kendala apaun , sekarang masuk masa kritis tahap kedua. Pastikan  anakan dirawat oleh induknya sendiri kurang lebih 5-10 hari untuk memastikan bahwa anakan tidak dalam kondisi terlalu lemah untuk kita petik.

Pada masa ini pemberian EF perlu ditambahkan kembali seperti pada masa sebelum bertelur, perberian EF segar terutama kroto agar indukan dapat memberikan pakan pertama untuk anak-anaknya. Tapi hal ini juga dapat membuat indukan malah lebih agresif terutama indukan jantan, hal-hal yang sering terjadi jika indukan malah terlau agresif adalah indukan malah melukai anaknya hingga mati atau indukan sering membuang anaknya dari sangkar. Jika terjadi hal seperti ini mau tidak mau anda harus mengambil anakan dan merawatnya sendiri.

Jika tidak terjadi kendala selama 10 hari setelah anakan dirawat sendiri oleh induknya maka sudah saatnya anda memetik anakan tersebut. Anakan bisa anda berikan kroto yang dicampur vouer basah dengan cara disuapkan dengan menggunakan alat suap. Letakkan anakan pada sangkar yang lembut dan letakkan pada wadah kotak khusus yang dilengkapi pengahangat lampu otomatis.

kotak tempat menaruh anakan dengan lampu penghangat otomatis
Setelah anakan diambil indukan sebenarnya sudah mulai reproduksi kembali setelah seminggu sampai dua minggu setelahnya, pemberikan pakan bisa anda samakan ketika pada masa penjodohan. Kecuali kalau indukan malah mengalami masa mabung, kalau sudah memasuki masa mabung pemisahan indukan sebaiknya dilakukan agar masa mabung bisa berjalan lancar. (baca : perawatan murai mabung

Untuk mempermudah mengetahui manajemen waktu masa reproduksi murai berikut saya berikan dalam tabel

Masa
Perkiraan waktu
Penjodohan
1 - 4 minggu
Reprosuksi (kawin)
5 – 7 hari
Mengerami  telur (masa kritis pertama)
10 – 14 Hari
Indukan merawat anakan (masa kritis kedua)
5 – 10 hari
Reproduksi lagi setelah anakan dipetik
7 – 14 hari

Terima kasih semoga bermanfaat :-) 

referensi : omkicau.com
gambar : google image
Kicau Cicicuit
5 stars - "Informasi Seputar Burung Kicauan" Kicau Cicicuit Informasi seputar info burung, jenis burung, penyakit burung, usaha ternak burung dan tips and trick seputar burung kenari , lovebird , murai batu , decu , prenjak , ternak burung, tips berternak, kicau mania , anis merah, anis, jalak, penangkaran burung, lovebird, ciri lovebird, masteran burung, burung master, penyakit burung, obat burung

0 Response to "Perkiraan Waktu Reproduksi Murai Penangkaran"

Posting Komentar