Perjalanan Murai Batu Penangkaran

Murai Batu - Di artikel sebelumnya saya sudah menulis tentang cara merawat anakan murai dari piyik hingga trotolan (baca : merawat anakan murai) nah sekarang saya akan membahasnya kembali, namun  kali ini saya akan sertakan gambar agar lebih jelas. Niatnya sih mau foto murai milik sendiri tapi kayaknya bakalan lama deh soalnya saya (penulis ) sedang merantau jauh dari rumah,  jadi ya bakalan lama lagi kalo nunggu balik dulu hhehe..  Kemarin sempet baca forum di facebook dan nemu banyak potingan keren tapi saya  lebih tertarik sama postingan yang berjudul “perjalanan panjang si murai batu ” (linkfb ). Dipostingan tersebut membahas tentang penangkaran murai yang sangat lengkap dan disertakan foto.

Agar lebih jelas tentang jenis anakan murai berikut saya sertakan dalam tabel :
Masa
Kisaran waktu
Masa piyikan tahap pertama (baru diambil dari induknya)
1-2 minggu
Masa piyikan tahap kedua (sudah tumbuh bulu halus seluruh badan )
2-3 minggu
Masa aman / trotolan pertama
1 bulan lebih
Masa aman kedua / murai trotolan
2 bulan lebih
Masa mabung pertama
Sekitar umur 4 bulan
Menjadi murai muda (setelah mabung)
Sekitar umur 6 bulan lebih
Untuk lebih jelasnya silahkan baca potingan saya sebelumnya (baca : merawat anakan murai mulai dari piyik hingga trotolan )

Lanjut ke postingan fb tadi, dipostingan tersebut agan  penulis potingan memberikan penjelasan yang sangat lengkap disertai gambar dalam pengankaran murai batu. Tapi sepertinya cara penangkaran agak sedikit berbeda dengan cara penangkaran di rumah saya, tapi cuma dikit sih. Kalau agan yang satu ini memanennya sepertinya menunggu sampai anakan siap untuk dilepas sendiri atau sampai anakan siap meninggalkan sarang. Biar lebih jelas berikut saya rangkum postingannya dibawah ini :
telur indukan sekitar 2-4 butir
Biasanya indukan akan bertelur sekitar 2-4 butir dengan jarak bertelur antara 1-2 hari. Telur murai bewarna kecoklatan dengan totol –totol hitam atau  ada juga yang bewarna kebiruan dengan totol kehitaman.
masa inkubasi sekitar 2 minggu
Kemudian masa inkubasi / mengerami telur bisa sampai 2 minggu, apabila masa mengerami lebih dari itu dan tidak ada tanda –tanda menetas segerah periksa, kemungkinan telur tidak berisi . (baca : mengatasi murai macet produksi)
cangkang telur murai yang sudah menetas
Apabila telur sudah menetas ditandai dengan cangkang telur yang dibuang induknya di bawah kandang.
hari pertama menetas
Hari pertama menetas piyikan akan sangat rantan, indukan akan full mengerami piyikan sesekali akan turun kebawah membawakan makanan yang akan dilolohkan ke piyiknya. Bahkan indukan jantanpun juga sering terlihat meloloh.  Sehingga pemberian makanan harusnya diberikan lebih dari biasanya.
piyik usia 3-4 hari
Usia 3-4 hari akan terlihat perubahan pada piyik, yaitu adanya bulu yang masih berbentuk jarum yang mulai muncul. Pada masa ini indukan masih terus mengerami, dan pemberian pakan sudah mulai diganti yang sebelumnya piyik diloloh dengan kroto sekarang sudah mulai diloloh dengan jangkrik atau ulat hongkong
piyik usia 7-9 hari
Usia 7-9 hari piyikan sudah  mulai ditutupi bulu tapi belum sempurna, pada masa ini juga piyikan sudah mulai  mengeluarkan suara cicitan dan membuka-buka mulutnya. Saat ini juga piyikan sudah bisa membuka matanya meskipun belum sempurna. Indukan betina sudah tidak lagi mengerami bahkan sering terlihat tidur diluar sarang.
Kalau saya pada saat seperti ini piyik sudah dipanen dan diloloh sendiri.
piyik usia 9-10 hari
Usia 9-10 hari bulu piyik sudah merata dan bulu jarum sudah tidak nampak, mata juga sudah membuka sempurna. 1-2 hari kemudian piyik sudah terlihat keluar sarang
Karena piyik sudah membuka mata maka piyik sudah mengetahui siapa induknya yang asli. Resiko jika diambil pada masa ini piyik tidak mau diloloh sendiri. Jadi kalau anda memanen pada masa ini usahakan diambil pada saat sore hari menjelang malam dan usahakan langusng dikerodong kandangnya. Keesokan harinya mungkin piyik sudah dalam keadaan lapar dan mau kita loloh.
piyik usia 15-18 hari
Usia 15-18 hari piyik sudah aktif bergerak, bahkan anda sudah dapat mendengar suara ngeriwik halus
trotolan usia 35 hari
Usia 35 hari, sudah bukan piyik lagi melainkan sudah masuk jenis murai trotolan dan sudah mandiri dengan makan sendiri hingga bisa terbang rendah.
murai muda usia 5 bulan
Usia 5 bulan, trotolan mulai memasuki masa mabung pertamanya. Bulu trotol sedikit demi sedikit akan rontok dan digantikan dengan bulu dewasa. Sudah sangat nampak perbedaan antara jantan dan betina. Masa ini adalah masa untuk mengisi  suara pertama  murai dengan memberikannya masteran yang bervariasi.
murai usia diatas 1 tahun
Umur diatas 1 tahun murai sudah terlihat seperti pertarung yang spektakuler.

Terima kasih semoga bermanfaat
Referensi : group facebook "pasar burung tangerang - banten" link
Gambar : group facebook "pasar burung tangerang - banten" link
Kicau Cicicuit
5 stars - "Informasi Seputar Burung Kicauan" Kicau Cicicuit Informasi seputar info burung, jenis burung, penyakit burung, usaha ternak burung dan tips and trick seputar burung kenari , lovebird , murai batu , decu , prenjak , ternak burung, tips berternak, kicau mania , anis merah, anis, jalak, penangkaran burung, lovebird, ciri lovebird, masteran burung, burung master, penyakit burung, obat burung

0 Response to "Perjalanan Murai Batu Penangkaran"

Posting Komentar