Perawatan Burung untuk Anak Kost

Tak lengkap rasanya pecinta burung kicauan tanpa memelihara burung, yap itulah yang melanda saya sekarang  ini -,-  Baru beberapa bulan dapat gawe yang jauh dari rumah dan  terpaksa harus ngekost, dikost jadi serasa kesepian tanpa adanya suara kicauan burung tiap pagi lebay hhaha.. ya maklumlah dirumah ternak burung jadi suara kicauan burung udah jadi makanan tiap hari hehehe.. Pengen rasanya memelihara burung tapi beberapa factor membuat saya mengurungkan niat, salah satunya masalah tempat dan cara merawat burung. Namanya juga kost pastinya menyatu dengan pemilik kost lain jadi penempatan burung yang menjadi masalah. Kemudian masalah perawatan burung, gimana merawat burung sementara saya sendiri harus berangkat gawe dari jam 8-5 sore ??

sumber gambar : ocehankenari.blogspot.com
Karena beberapa factor tersebut sampai sekarang ini saya belum memelihara burung dikost, tapi hal tersebut  bukanlah suatu kendala bagi anak kost untuk memelihara burung. Itu dibuktikan sendiri oleh teman saya, yap teman sekost saya sendiri. Dari berbagai burung sudah dia pelihara dikost, dari jenis burung kenari sampai burung yang notabene perawatannya cukup ektra seperti murai batu. Merawatnya memang seperti merawat burung biasanya  yang menjadi masalah utama adalah penempatan burung sementara ditinggal pemiliknya berangkat gawe. Mau ditaruh diluar kamar takut dimaling orang, mau ditaruh dalam kamar takut burung jadi ga nyaman..  serba salah deh -.-

Solusi dari teman saya ya mau ga mau burung harus ditaruh didalam kamar kost  daripada ditaruh diluar malah bikin was-was kalau dimaling orang. Nah bagi anda yang mengalami nasib yang sama seperti ini  ada beberapa hal yang bisa anda lakukan jika ingin merawat burung di kost (curhatan teman saya nih), berikut ulasannya :

  • Pastikan sirkulasi udara di dalam kamar kost berjalan baik, kalau perlu nyalakan kipas angin dan tempatkan di dekat ventilasi udara supaya udara dapat berputar dan berganti didalam ruangan.
  • Nyalakan lampu kamar, jangan biarkan kamar gelap gulita karena pada dasarnya burung  beraktifitas pada siang hari. Bersyukurlah jika sinar matahari bisa masuk ke kamar, ini malah jauh lebih baik.
  • Jika dirasa udara didalam kamar terlalu panas, anda bisa menempatkan burung dikamar mandi (jika kos  dengan kamar mandi dalam) suhu didalam kamar mandi biasanya lebih lembab dari suhu kamar.
  • Embun-embunkan burung diluar,  bisa dimulai misal dari jam 5 pagi sampai sebelum anda berangkat gawe. Jangan lupa memberi pakan yang cukup , kalau murai bisa dengan EF jangkrik 3-5 ekor dan kroto bisa 2 kali seminggu. Kalau tidak tidak sempat memandikan/menyemprot burung jangan lupa memberikan wadah mandi didalam kandang supaya burung bisa mandi sendiri.
  • Setelah anda pulang gawe jangan lupa untuk mengeluarkan burung dari kamar dan angin-anginkan diluar sambil dijemur dan diberi makan
  • Manfaatkan hari libur untuk perawatan ektra burung anda, mulai dari pembersihan kandang, penjemuran dan pemandian burung.


Tips diatas saya rasa cukup membantu para anak kostan untuk merawat burung, tapi itu semua juga tergantung dari kondisi kamar kos anda sendiri. Jika dirasa tidak memungkinkan untuk merawat burung dikost (kalau burung ditinggal di dalam kamar) lebih baik urungkan  niat daripada malah terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Sekian tips dari teman saya semoga bermanfaat :-)
referensi : tips teman
gambar : google image
Kicau Cicicuit
5 stars - "Informasi Seputar Burung Kicauan" Kicau Cicicuit Informasi seputar info burung, jenis burung, penyakit burung, usaha ternak burung dan tips and trick seputar burung kenari , lovebird , murai batu , decu , prenjak , ternak burung, tips berternak, kicau mania , anis merah, anis, jalak, penangkaran burung, lovebird, ciri lovebird, masteran burung, burung master, penyakit burung, obat burung

0 Response to "Perawatan Burung untuk Anak Kost"

Posting Komentar