Penyebab Murai Batu Ngebatman

Murai Batu – Sering mendengar kasus murai batu ngebatman atau istilah lainnya ngelowo,  isitilah tersebut sering diberikan jika perilaku murai batu terlihat membuka sayap dan ngejeruji di kandang. Selain itu dalam kasus ngebatman murai hanya akan mengeluarkan suara kecil atau hanya ngeriwik saja. Kasus seperti ini sering terjadi pada saat dalam acara kontes atau perlombaan, coba sesekali  lihat kontes perlombaan murai batu dan buktikan sendiri  pasti ada saja kasus seperti ini. Dalam kasus ngebatman dalam perlombaan biasanya disebabkan karena murai kalah mental / down.

Tidak hanya kalah mental dalam perlombaan yang menyebabkan murai ngebatman, bahkan murai yang hanya dijadikan peliharaan dirumah saja kasus tersebut juga sering terjadi. Perilaku tersebut memang merupakan hal alamiah pada burung murai batu, sepertinya juga belum dijumpai penjelasan ilmilah yang menjelaskan perilaku tersebut.

Katanya kasus ngebatman ini ada dua macam. Pertama nglowo (ngembang bulunya) karena memang kalah mental, kasus ini dijumpai diperlombaan kalah mental dan ngembangin bulunya. Yang kedua yaitu  ngebatman (sayap turun ngembang dikit) kasus ini ditandai karena over birahi, ditandai juga dengan suara-suara kecil (ngriwik).

Berbagai pengalaman pemilik murai batu juga tidak sama antara satu dengan yang lainnya dalam hal penyebab terjadinya murai ngebatman. Jadi yang dapat anda lakukan adalah mengenali murai anda dengan baik dan mencegah hal yang dapat  memicu timbulnya kasus ngebatman tersebut.

ngebatman

Dalam berbagai kasus yang didapat dari banyak pemilik murai batu faktor  yang dapat meyebabkan ngebatman akan saya bahas satu persatu berikut ini :

Kalah mental/down
Hal ini sering terjadi karena usia murai yang terlalu muda yang dipaksa untuk  dipertarungkan. Murai muda cenderung akan kalah saing dengan murai yang lebih senior dalam hal mentalnya, bahkan sebaiknya jika anda memiliki murai muda  dirumah hindarkan memaster dengan jenis petarung besar karena akan membuat mentalnya malah semakin loyo (baca : tips memaster muraibakalan )

Over Birahi
Birahi disebabkan karena perberian EF pada burung, settingan pemberian EF yang berlebihan dapat menyebabkan burung over birahi. Sebaiknya pemberian EF disesuaikan dengan kebiasaan murai (setiap murai berbeda) ,kalau saya normalnya pemberian EF jangkrik 3 pagi 3 sore dan kroto 2 kali seminggu.

Keadaan mabung
Ngebatman juga bisa terjadi jika murai dalam siklus mabung, bisa saat mau memasuki mabung, saat mabung  atau beberapa hari setelah mabung (baca : perawatan murai mabung)

Murai dalam kondisi tidak prima
Murai  yang sedang dalam kondisi tidak prima, sehingga murai tersebut  ngebatman untuk menakuti atau memperingati lawannya agar tidak mendekat.  Biasanya murai  ini ngebatman di tempat atau di dasar sangkar.

Terima kasih semoga bermanfaat

Referensi : Grup Fb : hobi burung dan penangkaran (tangerang-banten) | kicaumania.or.id  forum : murai batu 
Gambar : google image
Kicau Cicicuit
5 stars - "Informasi Seputar Burung Kicauan" Kicau Cicicuit Informasi seputar info burung, jenis burung, penyakit burung, usaha ternak burung dan tips and trick seputar burung kenari , lovebird , murai batu , decu , prenjak , ternak burung, tips berternak, kicau mania , anis merah, anis, jalak, penangkaran burung, lovebird, ciri lovebird, masteran burung, burung master, penyakit burung, obat burung

0 Response to "Penyebab Murai Batu Ngebatman"

Posting Komentar