Pengaruh Garis Keturunan Pada Murai

Murai Batu - Iseng baca-baca forum kicaumania.or.id tentang murai batu nemu salah satu thread lawas tapi selalu ter up, soalnya dibuat sticky sama miminnya. Threadnya sederhana yaitu mengadakan polling untuk mengetahui tanggapan kicau mania  tentang  “apakah mental murai batu diturunkan secara genetis ? ” Threadnya sendiri dibuat pada November 2010 oleh om root  dan statusnya sudah close thread sejak tahun 2012, bahkan pernah dibahas lagi oleh  om kicau di webnya pada tahun 2013. Disini selengkapnya (link omkicau). Sekarang saya mau bahas lagi nih hhehe.. gapapakan?
sumber gambar : seputar-infoburungs.blogspot.com
Tujuan dibuat polling tersebut sangat bagus, yaitu untuk mengetahui apakah mental murai terbentuk berdasarkan keturunan? Misal nih ya punya murai bagus, suara keras, variasi ocehan banyak tapi bersaing sama murai lain malah down, ngebatman / ngelowo kan percuma. Kalau jawabannya keturunan menentukan mental berarti anda harus mengetahui silsilah murai sebelum membelinya, dan bagi peternak harus dan wajib memilih indukan yang memang memiliki mental yang bagus.  Tetapi jika keturunan tidak  menentukan mental  maka mental  murai dapat diasah dan dilatih sendiri, indukan seperti  apa tidak menjadi masalah.

Namanya juga polling umum banyak kicau mania yang memeberikan pendapatnya masing-masing, bahkan omkicau sendiri mengatakan banyak om-om/mastah-mastah/suhu-suhu  penangkar murai ikut berdisusi disana. Banyak yang berpendapat mental merupakan hasil dari asahan dan tidak dipengaruhi  oleh faktor keturunan, tapi ada juga yang berpendapat mental dibawa oleh keturunan buktinya terlihat ketika  murai masih trotolan yang mempunyai indukan bagus pasti terlihat lebih menonjol. Ada juga yang memilih mental bagus didapat dari murai juara walaupun  hanya 3 orang saja yang memilih ini. Untuk lebih jelasnya berikut saya sertakan screenshoot hasil poling yang dibuat om root:

hasil pooling yan dibuat om root
Dari hasil polling tersebut bisa anda lihat sendiri banyak kicau mania percaya bahwa kombinasi antara genetis dan lingkungan (asahan) lah yang menentukan mental murai batu. Gabungan dari dua unsur tersebut memang benar-benar mengahasilan murai dengan mental yang kuat dan saya sendiri juga ikut menyakini itu. Bahkan ketika anda membeli sepasang indukan murai dipasaran harganya juga akan berbeda-beda, perbedaan harga tersebut tergantung dari kualitas indukan sendiri. Indukan yang lebih gacor dan memiliki mental bagus akan semakin mahal, apalagi indukan yang sudah berpengalaman menghasilkan keturunan bagus beberapa kali.

Nah sekarang anda sudah tahu bahwa keturunan berpengaruh pada mental murai. Bukti tersebut bisa menjadi acuan anda ketika akan membeli trotolan murai. Kondisi fisik saja belum cukup membuktikan bahwa trotolan tersebut bagus, anda perlu telusuri juga indukannya seperti apa mentalnya. Setelah  itu anda juga harus memperhatikan factor yang kedua yaitu mengasah/melatih mental  trotolan tersebut, jangan sampai sudah memiliki murai dengan garis keturunan bagus malah mentalnya loyo karena kurang diasah. Setelah tahu silsilahnya untuk memilih murai yang baik  lihat postingan saya disini hhehe (baca : memilih murai yang baik ) untuk melatih mental murai trotolan bisa dibaca disini (baca : tips melatih murai trotolan )

Jika anda ingin lihat hasil polling dan pembahasanya silahkan klik link berikut : link ke kicamumania.or.id

Terima kasih semoga bermanfaat. 
referensi : kicaumania.or.id | omkicau.com
gambar : kicaumania.or.id
Kicau Cicicuit
5 stars - "Informasi Seputar Burung Kicauan" Kicau Cicicuit Informasi seputar info burung, jenis burung, penyakit burung, usaha ternak burung dan tips and trick seputar burung kenari , lovebird , murai batu , decu , prenjak , ternak burung, tips berternak, kicau mania , anis merah, anis, jalak, penangkaran burung, lovebird, ciri lovebird, masteran burung, burung master, penyakit burung, obat burung

0 Response to "Pengaruh Garis Keturunan Pada Murai"

Posting Komentar