Penanganan Murai Stres

Murai Batu - Stres memang sering terjadi pada burung peliharaan, tanda-tandanya bisa dilihat dari tingkah lakunya yang tidak seperti biasanya  seperti: burung macet bunyi, menabrak-nabrak kandang, sering bengong, jarang makan dll.  Burung kicauan yang sering mengalami  stres adalah burung murai. Seperti pengalaman pada murai saya baru saja ini, murai saya stres mungkin gara-gara suara kembang api pada tahun baru 2016 kemarin. Beberapa hari setelah pesta kembang api didekat rumah murai saya jadi banyak bengong dan meles bunyi. Sempat saya diamkan beberapa hari tapi masih belum kembali seperti semula, saat itu memang saya kurang menyadari kalau murai tersebut stres. Setelah penasaran saya mulai browsing-browsing untuk mencari info dan saya baru sadar kalau itu merupakan tanda-tanda burung stres. Setelah bertanya di forum-forum dan mencari solusinya akhirnya murai saya bisa kembali gacor lagi hhehe.


murai stres
Tetapi banyak juga yang berpendapat kalau burung males bunyi kalau didiamkan bisa pulih seperti semula, itu salah kaprah jangan percaya!! itu mungin tanda-tanda stress. Burung stres rawan terkena penyakit, kalau tidak segera ditangani secara serius bisa meyebabkan dampak negatif dan paling parah adalah kematian burung. Tentu hal itu tidak diingikan bukan? Nah maka dari itu berikut saya jabarkan  ilmu yang saya dapat kemarin saat menangani murai stres. Sebelum membahas ke tipsnya saya kasih dulu faktor yang membuat murai bisa gampang stress, mencegah lebih baik daripada mengobati bukan hhehe.  

Penyebab murai stres?
Banyak factor yang bisa memicu murai stress, salah satunya adalah factor dari luar seperti yang saya ceritakan tadi. Tetapi  factor  lainnya yang memicu murai stress ada banyak, berikut saya jabarkan agar murai anda dapat terhidar dari stres
  • Perubahan suhu lingkungan. Perubahan suhu yang drastic bisa membuat murai mudah stres, pastikan bahwa murai anda tidak kepanasan/kedinginan dari berbagai perubahan iklim.
  • Masa mabung. Masa mabung adalah masa kritis pada semua burung. Dari fisik hingga metabolisme tubuh burung mengalami perubahan yang sangat berdampak. Begitu pula dengan kondisi mental burung, jadi perawatan yang baik ketika burung pada masa mabung sangatlah diperlukan untuk menghindari stress (baca juga : Perawatan Murai Mabung)
  • Perlakuan kasar. Perlakukan murai dengan baik, terkadang perlakuan yang kasar/ tindakan yang mengagetkan bisa menyebabkan burung menjadi tidak nyaman dan pada akhirnya menjadi stres.
  • Gangguan dari luar. Gangguan dari luar sendiri bisa dari mana saja seperti suara yang keras, lalu lalang orang, gangguan binatang dll. Usahakan tempat meletakkan murai bebas dari gangguan seperti ini


Banyak lagi factor yang bisa menyebabkan murai mudah stress, tapi kalau murai anda sudah menunjukkan gejala stres berikut saya share pengalaman saya selama menangani murai stress beberapa waktu yang lalu :

  • Karantina. Karantina murai dan jauhkan dari keramaian termasuk dari burung lain. Berikan kerodong pada kandang dan kerodong selalu apalagi pada malam hari. Tujuannya adalah agar murai bisa lebih tenang.
  • Penjemuran. Lakukan penjemuran setiap pagi pada jam 7-8 pagi setelah itu angin –anginkan sebentar dan kerodong lalu lagi.
  • Selalu ganti air minum, selain itu rutinlah membersihkan kandang agar murai bisa lebih nyaman dikandangnya.
  • Berikan  extra EF segar dan multivitamin setiap hari
  • Dan yang terakhir adalah sesekali berikan suara masteran agar murai bisa dengan pelan-pelan ikut mengoceh



Dan demikianlah tips yang bisa saya berikan untuk menangani murai stres hal-hal diatas selalu saya lakukan selama kurang lebih 2 minggu hingga kondisi murai agak mendingan. Semoga tips ini dapat membatu anda yang mengalami masalah seperti saya.


Terima kasih semoga bermanfaat
Baca juga :
Manfaat kandang keramba untuk murai
Perawatan Murai mabung
Suplemen mineral yang cocok untuk murai
Kandungan mineral yang dibutuhkan murai
Multivitamin yang tepat untuk meningkatkan birahi murai
Mengontrol birahi murai penangkaran
Telur putih sebagai pengganti kroto pada murai
Benarkah tahu bisa sebagai pengganti kroto
Kisaran harga murai batu medan
Kicau Cicicuit
5 stars - "Informasi Seputar Burung Kicauan" Kicau Cicicuit Informasi seputar info burung, jenis burung, penyakit burung, usaha ternak burung dan tips and trick seputar burung kenari , lovebird , murai batu , decu , prenjak , ternak burung, tips berternak, kicau mania , anis merah, anis, jalak, penangkaran burung, lovebird, ciri lovebird, masteran burung, burung master, penyakit burung, obat burung

0 Response to "Penanganan Murai Stres"

Posting Komentar