Murai Batuk / Pilek saat Musim Pancaroba

Murai Batu Pilek - Musim pancaroba adalah peralihan musim dari musim kemarau ke musim hujan atau pada musim hujan ke musim kemarau. Akhir-akhir ini sebagian besar wilayah di Indonesia mengalami musim ini, kadang siang hari terasa sangat panas namun tiba-tiba cuaca berubah ketika terjadi hujan lebat dan udara menjadi terasa dingin. Perubahan suhu seperti ini banyak berpengaruh pada tubuh, seperti manusia burung juga mengalami hal yang sama. Karena tubuh burung akan berusaha menyesuaikan suhu disekitarnya yang berubah drastis maka saat itu pula daya tahan tubuh burung diuji, kalau tidak kuat maka yang terjadi sudah pasti adalah burung drop karena diserang virus.

Suhu yang sering berubahh akan menyebabkan virus dan bakteri lebih cepat berkembang biak, jenis virus yang sangat sering dijumpai pada burung adalah virus influenza. Virus influenza pada burung akan menyebabkan peradangan dan mengakibatkan burung seperti batuk/bersin dan sering mengeluarkan lendir pada lubang hidung. Virus influenza juga mengakibatkan performa burung menjadi drop kadang hanya diam saja jikapun ngoceh paling cuma ngeriwik saja, jika burung memaksakan mengeluarkan suara sedikit kencang hal yang terjadi adalah burung sesekali akan batuk-batuk. Hal seperti ini sering terjadi pada burung murai, kicau mania sering menyebutnya dengan "murai batuk-batuk".

murai flu
Jika terjadi hal seperti ini pada murai anda penyebab utamanya tidak lain tidak bukan karena daya tahan tubuh murai menurun saat terjadi perubahan cuaca yang terlalu drastis. Tapi bukan hanya perubahan cuaca yang menyebabkan daya tahan tubuh murai melemah, bisa juga disebabkan oleh hal lain seperti murai kelelahan, pada masa mabung, atau stress.

Jika murai anda sudah terjangkit virus seperti ini hal yang dapat anda lakukan adalah:
  • Pindahkan kandang  keruangan  yang lebih tertutup, kalaupun anda tidak mempunyai ruang tertutup maka kerodong kandang sangat dianjurkan agar perubahan suhu disekitar burung tetap stabil.  
  • Jika anda memiliki banyak burung maka pisahkan antara burung yang sakit dan yang tidak agar virus tidak menyerang burung lain
  • Hidari penjemuran apalagi pemandian burung 
  • Bisa dipasang pengahangat jika cuaca mendadak dingin atau letakkan kandang didekat lampu ruangan, suhu lampu bisa menghangakan burung.
Tips lain :
Pengobatan secara medis,
Berikan obat yang ada dipasaran untuk kasus burung terjangkit flu (bukan flu burung ya), baca aturan pakai sesuai petunjuk.

Perawatan harian,
Berikan pakan full nutrisi yang segar dan air minum ditambah vitamin. Selain itu selalu jaga kebersihan kandang, tempat makan dan minum juga harus selalu bersih. Stop penjemuran dan pemandian burung dan sering-sering kerodong kandang.

Terima kasih semoga bermanfaat :-)

Referensi : kicaumania.or.id 
gambar : google image 
Kicau Cicicuit
5 stars - "Informasi Seputar Burung Kicauan" Kicau Cicicuit Informasi seputar info burung, jenis burung, penyakit burung, usaha ternak burung dan tips and trick seputar burung kenari , lovebird , murai batu , decu , prenjak , ternak burung, tips berternak, kicau mania , anis merah, anis, jalak, penangkaran burung, lovebird, ciri lovebird, masteran burung, burung master, penyakit burung, obat burung

0 Response to "Murai Batuk / Pilek saat Musim Pancaroba"

Posting Komentar