Mitos Seputar Penjemuran Burung

Fungsi Penjemuran Burung – Dari zaman SD pasti anda sering mendengar bahwa berjemur pada sinar matahari pagi merupakan sumber vitamin D, hal itu memang sepenuhnya sangat benar. Sinar matahari pagi merupakan sumber vitamin D yang bisa ditemukan seacara alami dan gratis, sinar matahari pagi mengandung setidaknya 80% dari sumber vitamin D yang diperlukan tubuh. Begitu juga dengan burung, burung memerlukan vitamin D yang berfungsi sebagai penyerapan kalsium pada tulang sehingga dapat mencegah rakitis. Selain itu penjemuran pada burung juga dapat membunuh jamur yang melekat pada bulu burung serta sangkar burung, serta dapat membuat tubuh burung menjadi hangat.

Semua burung sebenarnya memerlukan penjemuran, tapi sebaiknya jangan terlalu lama melakukan penjemuran karena dapat merusak bulu (bulu menjadi mengkerut dan keriting) dan juga membuat burung tidak nyaman. Sebaiknya menjemur burung sewajarnya saja, antara jam 6-7 pagi dimandikan terlebih dahulu lalu dijemur hingga jam 8 pagi. Penjemuran terutama pada pagi hari juga diyakini dapat meningkatkan metabolisme burung kicauan.

penjemuran burung


Mitos-mitos seputar penjemuran burung
Beberapa mitos/pembicaraan yang sering terdengar seputar penjemuran burung antara lain sebagai berikut :
Penjemuran dapat mengurangi kegemukan?
Jawab : Bisa jadi
Alasan : Saat burung dijemur burung akan merasa panas dan membuat kehausan sehingga akan membuat burung lebih banyak minum daripada makan (omkicau.com)
Penjemuran dapat membakar lemak?
Jawab : Mitos
Alasan : Sinar matahari tidak dapat menyebabkan pembakaran lemak, cairan yang dikeluarkan burung ketika dijemur merupakan cairan air / keringat (omkicau.com)
 Penjemuran akan membuat burung lebih gacor?
Jawab : Bisa jadi
Alasan : Burung akan gacor atau rajin berbunyi jika burung tersebut sehat, sehat fisik dan sehat mental. Salah satu penunjangnya adalah penjemuran burung yang dapat memberikan sumber vitamin D (kicaumania.or.id)
 Lebih baik penjemuran pagi hari atau sore hari?
Jawab : Pagi hari
Alasan : Jika penjemuran dilakukan setelah burung dimandikan ditakutkan jika dilakukan penjemuran pada sore hari bulu burung belum sepenuhnya kering hingga bagian bulu-bulu halus bagian dalam. Sehinga dikhawatirkan akan menyebabkan burung kedinginan pada malam harinya. (ngasih.com)
Perjemuran pada siang hari akan merusak bulu?
Jawab : Bisa jadi
Alasan : Penjemuran yang terlalu lama apalagi pada siang hari dapat menyebabkan zat lilin pada pangkal bulu menjadi keras dan kering sehinga akan menyebabkan terganggunya pertumbuhan bulu terutama bulu ekor  (kicaumania.or.id)
Penjemuran setelah diamandikan atau sebelum?
Jawab : Bisa dua-duanya jika penjemuran/pemandian pada pagi hari
Alasan : Tidak ada perbedaan mau dimandikan atau dijemur terlebih dahulu, tapi jika dilakukan penjemuran terlebih dahulu pastikan burung diangin-anginkan dahulu sebelum dimandikan agar suhu tubuh burung menurun. (omkicau.com)
Demikian hal-hal seputar penjemuran burung semoga bermanfaat :-)
Referensi : manfaatnyasehat.com | omkicau.com | kicaumania.or.id | ngasih.com
gambar : google image
Kicau Cicicuit
5 stars - "Informasi Seputar Burung Kicauan" Kicau Cicicuit Informasi seputar info burung, jenis burung, penyakit burung, usaha ternak burung dan tips and trick seputar burung kenari , lovebird , murai batu , decu , prenjak , ternak burung, tips berternak, kicau mania , anis merah, anis, jalak, penangkaran burung, lovebird, ciri lovebird, masteran burung, burung master, penyakit burung, obat burung

0 Response to "Mitos Seputar Penjemuran Burung"

Posting Komentar