Mengobati Penyakit Mata pada Lovebird

Penyakit Mata pada Lovebird - Masalah penyakit mata pada lovebird sebenarnya sudah saya bahas diartikel yang dulu (baca : mengenal penyakit mata pada lovebird ) tapi ga ada salahnya buat dibahas lagikan hhehe.. Karena semakin kesini kayaknya masalah penyakit mata pada lovebird makin menjadi aja deh,. Di forum-forum lovebird masalah penyakit mata muncul dengan penyebab yang berbeda-beda dan tentunya setiap pemilik lovebird yang berhasil mengobati penyakit ini memiliki cara yang berbeda pula. Penyakit ini saya golongkan sebagai penyakit yang berbahaya, kenapa? Karena kalau lovebird anda sudah terserang penyakit mata ini bisa dipastikan resiko yang paling besar adalah kematian. 

Gejala penyakit mata pada lovebird. Silahkan simak gambar dibawah ini,

Gejala awal penyakit mata pada lovebird adalah ditandai dengan bercak merah yang timbul pada kelopak mata (lihat gambar 1). Terlihat juga mata seperti berair dan mata lovebird sudah terlihat seperti menutup.

Kemudiann beberapa hari setelah itu terjadi pembengkakan pada mata loverbird tadi (lihat gambar 2) Selain mata yang membengkak dan mulai menutup rapat terlihat juga penyakit ini menyerang sistem pernafasan lovebird, yang menyebabkan nafas lovebird seperti megap-megap.

Pada tahap 3 (lihat gambar 3) mata lovebird sudah tidak dapat membuka lagi, nafsu makan juga sudah berkurang. Air dan kotoran keluar dari mata seperti belekan kalau pada manusia.
Jika dibiarkan tanpa perawatan yang tepat mungkin 3-4 minggu setelah gejala awal sudah dipastikan lovebird anda akan mati (gambar 3 & 4).

Penyebab penyakit mata pada lovebird 
Penyakit ini disebabkan oleh jamur dan virus yang sampai saat ini menurut beberapa keterangan kicau mania belum pasti disebabkan oleh jamur/virus jenis apa. Tapi yang pasti penyakit ini menular dari satu burung ke burung yang lain.

Pengendalian penyakit mata pada lovebird
Rekan-rekan kicau mania bahkan ada yang menyebutkan kalau lovebird sudah muncul gejala penyakit ini, bisa dikatakan masih untung-untungan jika dilakukan tindakan pengobatan sampai benar-benar sembuh. Maka hal yang pertama yang harus anda lakukan setelah terlihat lovebird terjangkit penyakit ini adalah segera karantina lovebird tersebut, jangan sampai penyakit menular ke burung lain.

Mencegah tentu lebih baik untuk mengatasi penyakit ini, karena resiko yang terlalu berbahaya jika dibiarkan. Cara mencegah yang paling mudah adalah selalu jaga kebersihan kandang, kalau perlu semprot dengan desinfektan. Kemudian pastikan sirkulasi undaranya lancar sekitar kandang, berikan juga multivitamin dan makanan yang terjamin kesegarannya. Dan yang terakhir adalah selalu jauhkan lovebird anda dari loverbird/burung lain yang sedang sakit.

Pengobatan penyakit mata pada lovebird
Seperti yang sudah saya katakan di awal bahwa penyakit ini memang belum diketahui cara pengobatannya secara pasti. Karena beberapa kicau mania yang pernah sukses menangani penyakit ini memiliki caranya masing-masing.

Dari beberapa pengalaman kicau mania tersebut berikut saya rangkum testimoninya yang pernah sukses menangani penyakit mata pada lovebird ini (tips ini saya peroleh dari om indraJr kicaumnia.or.id yang diperoleh dari forum lovebird di facebook)

Tertimoni dari om Denny Jagur Lovebird Mania : 
Gejala : Penyakit mata belek dan mata merah
Cara Pengobatan : Setiap pagi dikasih obat salep mata untuk manusia chlorampenicol yang dibeli diapotek dengan harga 3000 rupiah. Kemudian dikarantina tanpa dijemur dan ga kena angin.

Testimoni dari om Lawrence Oei 
Cara Pengobatan  : Dikasih Xendol Citrol ditetes setiap 3 jam sekali. Kemudian jangan terkena angin dan tanpa penjemuran.

Testimoni dari om Budiyanto Kris
Pengobatan : Jangan pakai Xendol Citrol karena menurut om yang satu ini dosis obat tersebut terlalu tinggi. Menurut penuturan beliau,  Xendol Citrol  menyebabkan mata burung anis meranya malah semakin parah. Beliau menyarankan untuk memakai obat mata biasa saja seperti insto. Kalaupun menggunakan Xendol Citrol lebih baik jangan terlalu sering untuk pencegahan dosis yang terlalu tinggi.

Testimoni dari om Mmp
Pengobatan : Om ini juga  mengatakan bahwa setiap orang memiliki caranya sendiri untuk menyebuhkan penyakit ini. Pengalaman beliau menggunakan xendol tidak berhasil begitu pula dengan mengunakan obat tetes mata biasa (insto). Akhirnya setelah dicoba –coba om ini menemukan obat lain yang manjur menurutnya, yaitu dengan menggunakan bodrex (obat sakit kepala? aneh ya hhehe). Caranya, hancurkan setengah tablet bodrex lalu campurkan dengan air minum lovebird. Dalam satu minggu lovebird akan sembuh total. Selalu berikan obat tersebut selama 2 minggu setelahnya dan hindari penjemuran dan selalu karantina burung yang sakit.

Dari beberapa testimoni om-om diatas yang sukses menyebuhkan penyakit mata pada lovebird bisa disimpulkan bahwa cara pengobatan penyakit mata lovebird adalah dengan memberikan obat (apapun itu saya juga belum pengalaman menggunakan obat apa yang tepat) dan yang kedua adalah selau karantina selama lovebird terjangkit penyakit dan hindari penjemuran.

Terima kasih semoga bermanfaat
Referensi : kicaumania.or.id forum lovebird 
Gambar : kicaumania.or.id
Kicau Cicicuit
5 stars - "Informasi Seputar Burung Kicauan" Kicau Cicicuit Informasi seputar info burung, jenis burung, penyakit burung, usaha ternak burung dan tips and trick seputar burung kenari , lovebird , murai batu , decu , prenjak , ternak burung, tips berternak, kicau mania , anis merah, anis, jalak, penangkaran burung, lovebird, ciri lovebird, masteran burung, burung master, penyakit burung, obat burung

0 Response to "Mengobati Penyakit Mata pada Lovebird"

Posting Komentar