Mengatasi Murai Macet Produksi

Murai Batu - Sebelumnya saya sudah menulis tentang cara berternak murai,  kemudian cara menjodohkan murai ,sampai merawat piyikan murai sampai  trotolan, hingga tips untuk mengontrol birahi murai penangkaran. jika belum baca silahkan baca dulu ya hhehe. Itu semua ga kebetulan ya, saya memang sengaja dan tertarik membahas seputar penangkaran murai. Begitu pula pada artikel kali ini saya akan melanjutkan kembali  tips seputar  penangkaran murai, kali ini saya akan memberikan tips untuk anda yang memiliki murai yang  lagi macet produksi.

Macet produksi pada murai ditandai ketika pasangan murai yang  sebelumnya bisa panen piyikan sekitar 3 bulan sekali menjadi macet produksi selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Biasanya pasangan murai yang macet produksi ditandai dengan telur kosong beberapa kali. Walaupun terlihat betina mengerami telur tapi akan percuma karena yang dieramin hanya telur kosong. Jika hal seperti ini terjadi beberapa kali sudah dapat dipastikan bahwa pasangan murai anda sedang macet produksi yang disebabkan karena pejantan tidak mengawini betinanya.

sumber gambar : bfcbirdfarm.blogspot.com

Bukan hanya untuk pasangan murai yang sebelumnya sudah pernah produksi kemudian macet produksi ,hal ini juga berlaku unuk murai yang baru pertama kali dijodohkan. Jika pasangan murai yang baru berjodoh  terlihat cocok tapi tak kunjung produksi (telur selalu kosong) bisa disimpulkan kalau penyebabnya sama dengan pasangan murai yang macet produksi.

Apa yang menyebabkan murai macet produksi? 
Sebenarnya penyebabnya sama untuk semua kasus penangkaran burung (bukan hanya murai saja). kunci  utama  penangkaran burung adalah bagaimana menyamakan waktu birahi antara jantan dan betina. Jadi yang menyebabkan murai menjadi macet produksi adalah antara murai jantan dan betina tidak sama masa birahinya.

Apa penyebab waktu birahi jantan dan betina menjadi berbeda?
Jika sebelumnya murai anda sudah pernah produksi dan kemudian  menjadi  macet produksi biasanya terjadi ketika ada salah satu murai yang mengalami masa mabung.  Karena masa mabung setiap murai tidaklah bersamaan mungkin bisa saja ketika salah satu pasangan murai tersebut selesai mabung  kedua murai birahinya menjadi tidak bersamaan. Dan yang terjadi adalah pasangan murai tersebut menjadi macet produksi.

Bagaimana efek jika birahi jantan dan betina tidak bersamaan?
Sudah pasti  akan macet produksilah hhehe.. tapi ada hal lain yang bisa terjadi ketika birahi jantan dan betina tidak bersamaan, seperti :
  • Telur kosong (sudah pasti) disebabkan karena pejantan tidak mengawini betinanya
  • Sarang / telur berantakan. Biasanya saat betina sedang mengeram dan birahinya datang
  • Pasangan murai bertengkar. Bisa terjadi jika salah satu pasangan birahi dan yang satunya lagi masih loyo dan tidak mau meladeni. Yang terjadi adalah pasangan murai malah saling bertengkar dan kejar-kejaran.
Bagaimana  mengatur birahi jantan dan betina?
Penyebab birahi murai adalah pemberian makanan dengan protein yang tinggi. Protein yang tinggi sendiri didapat dari EF yang anda berikan sehari –hari.  Seperti artikel saya sebelumnya tentang mengontrol birahi murai penangkaran (baca : mengontrol birahi murai penangkaran ) tapi kali ini kasusnya agak  beda,  bukan hanya memberikan jangkrik/kroto begitu saja. Tetapi bagaimana cara kita mengatur asupan porsi  EF pada murai jantan dan betina yang berbeda.

Kenapa harus diberikan EF dengan porsi berbeda? 
Penyebabnya adalah karena porsi EF yang diberikan untuk merangsang birahi antara jantan dan betina itu tidak sama!! Begini contohnya, misal kita hanya memberikan 2 jangkrik setiap pagi dan sore pada murai betina dan murai betina sudah dapat birahi dengan porsi EF segitu. Tapi ini tidak berlaku dengan murai jantan, murai jantan perlu asupan EF yan lebih agar bisa birahi, missal 5 ekor jangkrik setiap pagi dan sore. Nah itu alasannya kenapa pemberian porsi EF antara jantan dan betina harus berbeda.

Bagaimana cara mengatur porsi EF jantan dan betina sementara mereka ada dalam satu kandang penangkaran?
Ya mau tidak mau kita harus meloloh sendiri EF pada jantan dan betina secara langsung agar porsinya  bisa kita atur sendiri. Nah inilah kenapa saya kemarin malam menulis artikel ini (baca : cara menjinakkan murai agar mau diloloh ) tapi jika murai anda tidak mau diloloh ya terpaksa anda harus mencari cara lain untuk mengatur porsi EF antara jantan dan betina. Yang penting dari pemberian EF dengan pengaturan porsi ini adalah untuk membangkitkan birahi jantan dan betina supaya bersamaan.

Ciri-ciri jika murai sudah memiliki birahi bersamaan ?
Setelah kedua murai terlihat saling sahut menyahut kicauan artinya anda sukses mebangkitkan kembali birahi mereka  secara bersamaan, selamat.. Tinggal tunggu waktu saja sampai betina bertelur dan reproduksi lagi.

Baca artikel berikut untuk mengetahui  langkah selanjunya jika murai anda sudah siap produksi (baca : waktu reproduksi murai penangkaran)

Nb : tips ini saya peroleh dari omkicau.com, ijin share ulang ya om hhehe..
Terima kasih semoga bermanfaat
referensi : omkicau.com
gambar : google image

Kicau Cicicuit
5 stars - "Informasi Seputar Burung Kicauan" Kicau Cicicuit Informasi seputar info burung, jenis burung, penyakit burung, usaha ternak burung dan tips and trick seputar burung kenari , lovebird , murai batu , decu , prenjak , ternak burung, tips berternak, kicau mania , anis merah, anis, jalak, penangkaran burung, lovebird, ciri lovebird, masteran burung, burung master, penyakit burung, obat burung

0 Response to "Mengatasi Murai Macet Produksi"

Posting Komentar