Cara Menjinakkan Murai Agar Mau Diloloh Tangan

Murai Batu - Coba searching di google dengan keyword “cara menjinakkan murai” pasti yang muncul adalah artikel-artikel seputar “cara menjinakkan murai hutan”. Inilah salah satu bukti bahwa masyarakat Indonesia masih banyak yang memiliki/membeli murai hutan sehingga mencari-cari cara untuk menjinakkannya. Salah satu alasan murai hutan sangat digemari adalah harganya yang jauh lebih murah dari pada murai hasil penangkaran.  Alasan lainnya adalah karena belum adanya peraturan/ketegasan pemerintah dalam menanggulangi jual-beli murai illegal. (baca : stop membeli murai hutan! )

Oke sekarang lupakan dulu soal murai ilegal atau murai legalnya, sekarang saya juga mau membahas tentang cara menjinakkan murai agar mau diloloh tangan. Sebenarnya bukan murai hutan saja yang perlu dijinakkan, bahkan murai penangkaran tak jarang masih perlu dijinakkan.  Alasannya bukan karena masih beringas seperti murai hutan, tapi lebih ke melatih mental murai agar tidak takut sama sekali pada manusia. Walaupun dari piyik sudah ada dilingkungan manusia tak jarang juga murai penangkaran masih suka loncat-loncat kesana-kemari  ketika didekati orang lain atau setelah berganti pemilik.
sumber gambar : olx.co.id ID iklan: 113678526
Nah karena itu saya akan membagi tips tentang cara menjinakkan murai agar mau diloloh dengan tangan. Murai disini yang udah dewasa ya bukan murai yang masih piyik/trotolan.

Kenapa murai harus mau diloloh?
Walaupun sudah bisa makan sendiri ada beberapa keuntungan jika murai anda mau diloloh, diantaranya:
  1. Murai yang mau diloloh membuktikan bahwa murai tidak takut pada manusia dan salah satu bukti bahwa murai memiliki mental yang kuat
  2. Anda dapat mengatur sendiri porsi EF. Biasanya digunakan bagi penangkar murai agar dapat mengontrol birahi jantan dan betina (baca : mengatasi murai macet produksi)
  3. Murai tidak akan kabur / loncat kesana-kemari saat didekati manusia. dll
Dengan beberapa  alasan diatas maka tidak ada salahnya jika membuat murai anda mau diloloh bukan? Nah berikut saya akan berikan tips untuk menjinakkan murai agar mau diloloh tangan :
  1. Jangan meggantung murai ditempat yang tersembunyi, kalau bisa tempatkan di tempat yang sering dilalui oleh orang. Jauh lebih baik lagi jika menggantungkan ditempat yang lebih rendah agar murai dapat lebih menyadari  keberadaan manusia.
  2. Mandikan dengan waktu yang lama didekat lalu lalang manusia. Alasannya sama,  selain merupakan kebutuhan, pemandian didekat lalu lalang orang bertujuan agar murai tidak mengaggap manusia sebagai salah satu ancaman.
  3. Cobalah selalu meloloh EF langsung ke murai anda. Jika masih tidak mau, coba lagi di lain waktu  jangan menyerah hhaha.. lama kelamaan murai pasti mau memakan langsung dari lolohan anda.  
  4. Cara keempat merupakan cara yang agak menyiksa bagi murai tapi sangat manjur. Yaitu dengan tidak memberikan makan selama semalaman. Setelah semalaman tanpa makan pada waktu pagi hari menjelang siang  loloh secara langsung dengan tangan anda. Jika masih tidak mau, lakukan lagi hal yang sama sepuluh menit kemudian. Bisa juga menggunakan lidi sebagai alat bantu, terus goda agar murai mau makan. Tapi jangan terlalu memaksakan dengan cara seperti ini. jika sampai siang murai masih belum mau makan maka anda harus memberikan makan dengan cara meninggalkannya. Dengan cara ini lama-kelamaan pasti murai akan mau makan dari lolohan anda.   
Jika cara diatas dilakukan terus-menerus InsyaAllah  pasti murai anda akan jinak dengan cepat dan mau diloloh dengan tangan.

Terima kasih semoga bermanfaat
referensi : tips dari omkicau.com
gambar : google image
Kicau Cicicuit
5 stars - "Informasi Seputar Burung Kicauan" Kicau Cicicuit Informasi seputar info burung, jenis burung, penyakit burung, usaha ternak burung dan tips and trick seputar burung kenari , lovebird , murai batu , decu , prenjak , ternak burung, tips berternak, kicau mania , anis merah, anis, jalak, penangkaran burung, lovebird, ciri lovebird, masteran burung, burung master, penyakit burung, obat burung

0 Response to "Cara Menjinakkan Murai Agar Mau Diloloh Tangan"

Posting Komentar