Cara Memaster dan Melatih Mental Lovebird

Memaster LovebirdHmmt.. gimana ya mulainya, soalnya yang saya tahu banyak kicau mania hanya memanfaatkan suara lovebird buat masteran burung lain. Jadi untuk memaster lovebird sendiri saya rasa hanya segelintir orang yang melakukannya (maaf kalo salah).
Trus ngapain harus dimaster? Mungkin dari segelintir orang yang memaster lovebird tadi salah satu tujuannya adalah untuk menerjunkan lovebirdnya dalam perlombaan. Jenis perlombaan lovebird sendiri dibagi menjadi dua, yaitu kontes kecantikan (beauty contest) dan kontes suara.


Kali ini saya akan membahas untuk perlombaan lovebird dari segi suara, biar nyambung sama judul hhehe.. Diberbagai daerah seperti Jabodetabek, Solo, Jogja, Madiun, Balikpapan dan Samarinda perlombaan kelas lovebird kini sudah mejadi kelas favorit selain kelas murai batu. Sebenarnya banyak keuntungan dengan menerjunkan lovebird ke area perlombaan tetapi masih banyak lovebird lovers yang enggan menerjunkan lovebirdnya ke area lomba. Padahal dengan lomba, minimal keuntungan yang dapat diperoleh adalah meningkatkan nilai jual jika lovebird berhasil menjadi juara.

Nah dengan adanya perlombaan seperti ini tentunya tidak sembarangan lovebird bisa diterjunkan, salah satu faktor lovebird yang layak adalah lovebird dengan suara panjang dan volume keras. Nah untuk membuat lovebird seperti itu tentunya perlu latihan dengan cara dimaster. Sebelum membahas tentang cara memaster lovebird saya akan jelaskan dulu bagaimana kriteria penilaian lomba kelas lovebird.
Kriteria penilaian lomba lovebird yang paling utama ada 8 aspek (belum termasuk kriteria lainnya) yaitu sebagai berikut :
  1. Irama.  Merupakan naik turunnya lagu/inotasi yang bergelombang dan terus diulang ulang
  2. Lagu .Suara lagu asli lovebird adalah suara ngekeknya
  3. Panjang lagu. Panjang ngekek minimal dalam penilaian lomba adalah diatas 25 detik
  4. Volume. Merupakan panjang tipisnya suara yang dikeluarkan, semakin panjang dan keras volume maka semakin baik
  5. Speed. idelanya speednya sedang 
  6. Gaya. Karakter bertarung lovebird dalam perlombaan 
  7. Durasi kerja. Berapa lama lovebird dapat bertarung dalam waktu yang disediaan dalam perombaan
  8. Durasi bunyi. Berapa kali lovebird akan berbunyi dalam kurun waktu perlombaan
Kriteria diatas saya peroleh dari web omkicau untuk  selengkapnya bisa anda baca disini : link omkicau

Bagaimana cara mastering lovebird?
Nah setelah mengahui kriteria penilaian lomba lovebird sekarang mari kita bahas tentang cara memaster lovebird. FYI sebenarnya dalam kasus perlombaan burung ada dua faktor yang perlu diperhatikan, pertama suara dan yang kedua adalah mental burung. Begitu juga dengan lovebird, sebelum anda menerjunkannya dalam perlombaan pastikan lovebird memiliki mental baja untuk bertarung.  Jangan sampai memiliki lovebird dengan suara bagus, panjang dan keras tapi mental melempen jika ditarungkan seperti kasus bagong pada kacer atau ngebatman pada murai.
ternak lovebird dirumah saya
Bagaimana melatih mental lovebird?
Berikut saya berikan tips dari om subianto  (kicamumania.or.id) karena saya sendiri belum begitu ahli dalam per-lovebird-an. Dirumah punya banyak lovebird sih, tapi tujuannya lain (buat ternak) hhehe..
Om yang satu ini bisa dibilang memiliki cara sadis untuk melatih mental lovebird. Kenapa? om ini tidak melatih mental tapi mencari bakalan yang memiliki mental bagus. Gimana caranya? Biarkan hukum alam yang bicara.
Kandang ditaruh dikebun dibiarkan terkena angin, panas hujan dan tanpa atap sesuai dengan kondisi di alam liar. Tentunya masih dikasih glodog sebagai tempat berlindung dari hujan. Anakan tidak pernah disuapin sengaja dibiarkan agar terbiasa berkompetisi untuk rebutan makanan dengan saudaranya. Burung sakit juga tidak pernak diobati, kalau punya kondisi lemah ya biarkan mati saja dengan demikian keturunan yang paling kuatlah yang akan bertahan.
Cara ternak om diatas memiliki tujuan agar membentuk mental burung yang bagus. Setelah didapat bakalan dengan mental yang bisa dibilang kuat sekarang saatnya dimaster.

Gimana cara memasternya?
Pada lovebird ideal memiliki suara asli seperti berikut :
“tik-tik-tik-clik-clik-klek-klek-tek-tek-tek-tir-tir-tir-tir-tir-tir-klik-klik-klik-klik-klek-klek-klek-klek-klik-klik-clik-clik-clik-clik-clik-klik-klik-klik-klek-klek-klek-klek………..klik-klikk………” (diulang-ulang, dan panjang).”
Itu merupakan suara asli lovebird, jadi bisa anda berikan suara asli lovebird seperti diatas dengan suara panjang dan diulang . Kemudian untuk suara lain bisa anda berikan suara srindit yang suaranya jelas dan tajam dengan speed yang sedang saja. Kemudain masteran lain yang bisa dipilih adalah suara cililin & sounic master.

Dengan cara-cara diatas jika lovebird sudah jadi (dengan suara & mental bagus) maka lovebird tersebut bisa anda terjunkan dalam perlombaan.

Terima kasih semoga bermanfaat :-)
referensi : kicamumania.or.id forum "lovebird" | omkicau.com
gambar : dokumentasi pribadi
Kicau Cicicuit
5 stars - "Informasi Seputar Burung Kicauan" Kicau Cicicuit Informasi seputar info burung, jenis burung, penyakit burung, usaha ternak burung dan tips and trick seputar burung kenari , lovebird , murai batu , decu , prenjak , ternak burung, tips berternak, kicau mania , anis merah, anis, jalak, penangkaran burung, lovebird, ciri lovebird, masteran burung, burung master, penyakit burung, obat burung

3 Responses to "Cara Memaster dan Melatih Mental Lovebird"

  1. dalam usia berapa rata-rata love bird bisa ngekek panjang y ,,,,?
    apa harus usia love bird di atas 1 Tahun ,,,,?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setelah masa mabung kedua mas cmiiw
      yup usia segitu udah bisa dibilang lovebird matang

      Hapus
  2. dalam usia berapa rata-rata love bird bisa ngekek panjang y ,,,,?
    apa harus usia love bird di atas 1 Tahun ,,,,?

    BalasHapus