Perawatan Murai Mabung

Murai Batu - Siklus alamiah setiap burung, yaps apalagi kalau bukan mabung. Mabung merupakan kondisi rontok bulu untuk berganti bulu baru yang terjadi secara berkala. Tak terkecuali untuk burung murai batu, kondisi mabung menyebabkan burung agak sedikit sensitif dan metabolisme tubuhnya akan sangat meningkat dari kondisi normal. Perawatan pada masa mabung harus lebih ektra terutama dalam mencukupi atau melebihkan asupan nutrisi, vitamin dan mineral burung.

Faktor-faktor apa saja yang harus diperhatikan pada saat murai mabung?
Banyak faktor yang harus anda perhatikan agar kondisi murai anda tetap sehat setelah masa mabung. Berikut saya rangkung beberapa tips yang tidak boleh anda lewatkan untuk merawat murai mabung :
Murai mabung
Pertama. Hal paling utama dalam siklus mabung adalah terjadi perontokan bulu dan berganti dengan bulu yang baru. Jadi yang harus pertama diperhatikan adalah asupan protein pembentuk bulu. Sama seperti pada rambut manusia protein pembentuk bulu pada murai disebut keratinKeratin termasuk dalam keluarga protein yang fungsinya menyusun lapisan kulit dan merupakan materi dasar pembentuk bulu dan kuku. Keratin sendiri merupakan zat yang dibentuk oleh asam amino dan polipeptida. Jadi, peningkatan asam amino dapat meningkatkan pertubuhan bulu pada murai. Sumber asam amino dapat diperoleh dari EF murai seperti jangkrik, kroto, ulat hongkong dll. Jadi pemberian ekstra EF saat murai mabung sangat diperlukan. Namum dari berbagai pengalaman pemilik murai pemberian EF sebaiknya menggunakan jangkrik saja kroto hanya selingan karena katanya kroto malah menambah murai mabung menjadi over birahi.
EF murai
Kedua. Karantina burung ke tempat yang lebih sepi atau jauhkan burung dengan burung sejenis. Saran dari saya untuk menggerondong kandang agar konsentrasi burung tidak terganggu saat proses mabung. Masa mabung juga berhubungan dengan hormon reproduksi. Burung mabung juga rawan stres sebaiknya kontak secara langsung dikurangi.
karantina murai
Ketiga. Asupan makanan dan air minum harus selalu dikontrol. Dalam melakukan proses mabung, burung memerlukan energi yang sangat besar sehingga asupan makanannya juga harus dilebihkan.

Keempat. Berikan suplemen yang mengandung multivitamin, mineral dan asam amino agar proses mabung dapat berjalan lancar.

Bila anda sudah melakukan hal diatas insyaallah murai anda bisa melewati masa mabung dengan lancar.

Baca juga :
Perawatan Murai mabung
Suplemen mineral yang cocok untuk murai
Kandungan mineral yang dibutuhkan murai
Multivitamin yang tepat untuk meningkatkan birahi murai
Mengontrol birahi murai penangkaran
Telur putih sebagai pengganti kroto pada murai
Benarkah tahu bisa sebagai pengganti kroto ?
Kisaran harga murai batu medan
Kicau Cicicuit
5 stars - "Informasi Seputar Burung Kicauan" Kicau Cicicuit Informasi seputar info burung, jenis burung, penyakit burung, usaha ternak burung dan tips and trick seputar burung kenari , lovebird , murai batu , decu , prenjak , ternak burung, tips berternak, kicau mania , anis merah, anis, jalak, penangkaran burung, lovebird, ciri lovebird, masteran burung, burung master, penyakit burung, obat burung

0 Response to "Perawatan Murai Mabung"

Posting Komentar