Mengontrol Birahi Murai Batu Penangkaran

Murai Batu –  Burung birahi merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh pecinta burung. Ada dua kasus dalam pengontrolan  birahi burung  terutama burung murai batu, yang pertama adalah mengontrol birahi murai  agar siap lomba dan kedua adalah mengontrol birahi murai untuk diternakkan.

Birahi murai yang dikontrol dalam perlombaan memang sangat diperlukan karena murai dengan kondisi birahi akan bisa manambah  kegacoran dan tentunya pertarungannya  akan semakin agresif.  Tapi juga akan terjadi sebaliknya jika burung malah terlalu over birahi, burung tersebut malah akan diam saja dan akhirnya cuma ngebatman saja.  Maka dari itu pengontrolan birahi murai sangat diperlukan terutama dalam pemberian EF murai tersebut.


Murai batu penangkaran


Yang kedua merupakan kontrol birahi untuk murai ternakan. Tentu saja dua hal ini sangat berbeda kasus. Pengontrolan birahi untuk murai ternakan tentu harus dioptimalkan karena tujuan utamanya adalah untuk menghasilkan anakan yang berkualitas. Bukan hanya sekedar EF yang dibutuhkan, perlu adanya tambahan multivitamin dan obat –obatan agar bisa mengoptimalkan reproduksi murai.
Dan kali ini saya akan berbagi pengalaman/tips untuk mengatur birahi murai khusus untuk murai ternakan, untuk murai kicauan sabar ya hehehe. Pengontrolan birahi murai ternakan sangatlah tergantung dari pemberian EF terutama bagi murai yang masih memakai kroto. Pemberian kroto harus selalu diberikan, karena bisa menghambat reproduksi atau gejala lain jika dihentikan pemberiannya. Jika ingin berhenti memakai kroto baca juga artikel berikut : Putih telur sebagai pengganti kroto & Tahu sebagai pengganti kroto?

Tapi tidak semua murai memiliki karakteristik yang sama. Beda burung akan berbeda pula EF yang diberikan. Kenali terlebih dahulu murai anda sehingga pemberian EF yang tepat untuk memicu birahi murai. Selain kroto EF lain yang memicu birahi adalah jangkrik, cacing, ulat hongkong dll.  Berikan sesuai kebutuhan menurut takaran anda tidak lebih tidak kurang. Ciri-cirinya adalah indukan jantan akan lebih gacor jika pemberian EF –nya tepat sedangkan indukan betina akan menyahut kicauan pejantan.
Berbagai macam EF untuk merangsang birahi murai

Selain pemberian EF pemberian multivitamin lain juga sangat diperlukan. Salah satu produk multivitamin yang saya rekomendasikan adalah produk dari omkicau yaitu birdmature. Dari pertama tenak murai produk inilah yang selalu saya berikan untuk murai. Dan hasilnya saya rasa sangat memuaskan, murai semakin birahi dan reproduksinya bisa dikontrol dengan mengunakan produk ini. Untuk artikel pemberian birdmature  selengkapnya baca juga artikel berikut : Multivitamin tepat untuk meningkatkan birahi murai bau penangkaran

jika murai anda mengalami macet produksi silahkan baca artikel saya berikut (baca : mengatasi murai macet produksi)

Birdmature salah satu produk omkicau

sumber gambar : google image

Baca juga :
Perawatan Murai mabung
Suplemen mineral yang cocok untuk murai
Kandungan mineral yang dibutuhkan murai
Multivitamin yang tepat untuk meningkatkan birahi murai
Mengontrol birahi murai penangkaran
Telur putih sebagai pengganti kroto pada murai
Benarkah tahu bisa sebagai pengganti kroto ?
Kisaran harga murai batu medan
Kicau Cicicuit
5 stars - "Informasi Seputar Burung Kicauan" Kicau Cicicuit Informasi seputar info burung, jenis burung, penyakit burung, usaha ternak burung dan tips and trick seputar burung kenari , lovebird , murai batu , decu , prenjak , ternak burung, tips berternak, kicau mania , anis merah, anis, jalak, penangkaran burung, lovebird, ciri lovebird, masteran burung, burung master, penyakit burung, obat burung

0 Response to "Mengontrol Birahi Murai Batu Penangkaran"

Posting Komentar