Kandungan Mineral yang Dibutuhkan untuk Murai

Murai Batu – Pengen nulis hasil lanjutan kemarin tentang multivitamin untuk murai batu (baca : multivitamin tepat untuk meningkatkan birahi murai batu) kali ini saya akan membahas tentang mineral yang dibutuhkan untuk murai. Sebelum membahas tentang menjaga mineral murai terlebih dahulu saya akan menjelaskan apa itu mineral dan fungsinya.
Mineral dan fungsinya.

Mineral merupakan bentuk zat non-organik yang ada di alam. Semua mahluk hidup memerlukan mineral termasuk manusia dan burung. Keseimbangan mineral harus terpenuhi untuk menjaga ratusan reaksi enzim  yang terjadi dalam tubuh mahluk hidup. Mineral sama pentingnya dengan vitamin, berikut beberapa contoh fugsi mineral :

  1. Kalsium : untuk membangun tulang/gigi, bertanggung jawab dalam kontraksi otot , kerja jantung serta proses pembekuan darah jika terjadi luka.
  2. Magnesium : untuk menjaga kesimbangan elektrolit dan impuls saraf.
  3. Potassium : berfungsi untuk memaksimalkan membrane sel.
  4. Besi : penting untuk menjaga hemoglobin, transportasi oksigen dalam darah.
sumber mineral

Sumber mineral dapat didapat dari berbagai macam tempat. Seperti sumber kalsium (Ca) berasal dari susu, telur dan buah buahan, sumber besi (Fe) berasal dari susu, kuning telur dan sayur –sayuran dll.

Lalu bagaimana menjaga mineral pada murai?
Tentu saja anda tidak usah repot-repot mencari mineral yang cocok untuk murai. Karena sebenarnya makanan yang rutin anda berikan untuk murai sudah mengandung cukup  mineral. Tetapi jika anda masih ragu dengan asupan mineral untuk murai anda, saya sarankan untuk memberikan tambahan suplemen mineral terpercaya  yang ada dipasaran (baca : suplemen mineral yang tepat untuk murai ).

Adakah cara lain untuk menambah asupan mineral murai?
Tentu ada. Apakah anda pernah  mendengar iklan produk a*qua “air mineral dengan sumber air yang berasal dari pegunungan” .
Jadi yang ingin saya tegaskan disini adalah pemberian air minum pada murai. Eittss… tunggu dulu tidak semua air mengandung mineral loh, bedakan air tanah, air pam dan air mineral. Jika anda memberikan air minum dengan air tanah perlu diwaspadai bila sumber air tersebut berasal dari kawasan seperti apa.
Misalnya Jakarta, air tanah disana sudah tidak masuk dalam layak konsumsi karena sudah banyak mengandung bakteri e-coli, jadi air tersebut sebenarnya tidak baik untuk murai apalagi untuk anda.   Kemudian air pam, sebenarnya perusahaan ini memiliki teknologi yang sesuai untuk pengelolaan air minum, tetapi semua juga tergantung dari sumber air tersebut berasal.
Kemudian air mineral, air ini yang sangat cocok berikan untuk murai untuk menambah asupan mineralnya. Yaitu air murni yang berasal dari sumbernya, umumnya berasal langsung dari pegunungan sehingga kandungan mineralnya masih terjaga.

air mineral
Apakah air minum yang anda berikan mengandung mineral?
Bersyukurlah jika anda tinggal di daerah pegunungan, karena anda tidak perlu repot memperoleh air mineral, karena air yang anda konsumsi setiap hari sudah mengandung mineral alami yang langsung dari sumbernya, termasuk baik diberikan untuk murai.
Tapi jika anda tidak yakin apakah air yang sering anda berikan tidak mengandung mineral karena tempat tinggal anda, mungkin bisa mengganti air minumnya  dengan a*qua juga hhehe. 
Tetapi kalau cara ini dirasa terlalu repot mungkin cara pertama tadi bisa sedikit membantu, yaitu memberikan suplemen mineral tambahan yang ada dipasaran (baca : suplemen yang tepat untuk murai)

Terima kasih semoga bermanfaat.
Referensi : PDAM , Farmalogi “dian husada”, omkicau.com
Gambar : google image

Baca juga :
Perawatan Murai mabung
Suplemen mineral yang cocok untuk murai
Kandungan mineral yang dibutuhkan murai
Multivitamin yang tepat untuk meningkatkan birahi murai
Mengontrol birahi murai penangkaran
Telur putih sebagai pengganti kroto pada murai
Benarkah tahu bisa sebagai pengganti kroto ?
Kisaran harga murai batu medan

Kicau Cicicuit
5 stars - "Informasi Seputar Burung Kicauan" Kicau Cicicuit Informasi seputar info burung, jenis burung, penyakit burung, usaha ternak burung dan tips and trick seputar burung kenari , lovebird , murai batu , decu , prenjak , ternak burung, tips berternak, kicau mania , anis merah, anis, jalak, penangkaran burung, lovebird, ciri lovebird, masteran burung, burung master, penyakit burung, obat burung

0 Response to "Kandungan Mineral yang Dibutuhkan untuk Murai"

Posting Komentar