Tahu sebagai Pengganti Kroto untuk Murai?

Pengganti Kroto untuk Murai - Beberapa waktu lalu netizen burung kicauan sempat dihebohkan dengan sebuah postingan di facebook tentang tips memberi pakan murai tanpa kroto (cek di google dgn keyword "pengganti kroto"). Dalam postingan tersebut dijelaskan tips yang berdasarkan sumber dari peternak murai asal cilacap yaitu om tony alamnyah yang menjelaskan bahwa tahu bisa digunakan sebagai pengganti kroto.

Sebelum membahas tentang tipsnya kita bahas dulu mengapa om yang satu ini beralih menggunakan tahu. Kita semua juga tahu kalau harga kroto sekarang tidaklah murah, apalagi kalau musim hujan sekarang ini yang jumlahnya dipasaran agak langka. Harga mahal serta keterbatasan kroto menjadi salah satu yang membuat peternak pusing tujuh keliling.

Pernahkan anda berpikir kenapa murai harus diberi kroto? Apakah makanan utama murai di alam liar adalah kroto? Kalau dijawab secara logika tentu saja tidak! Lalu apakah keistimewaan kroto sehingga murai sangat membutuhkannya? Sampai saat ini saya juga belum tahu hhehe. Sedikit cerita pengalaman pribadi beberapa tahun yang lalu nih, beberapa pasang murai saya mati karena tidak diberi kroto. Awalnya karena kelangkaan kroto sehingga saya hanya menggantinya dengan jangrik, multivitamin dan ef alakadarnya. Tapi sangat disayangkan beberapa ekor mati karena ketergantungan pada kroto tersebut.  

Oke cukup cerita sedihnya hhehe, sekarang kembali membahas tips dari om tony. Sebenarnya selain tahu ada juga tips menggunakan telur rebus berdasar sumber yang saya baca di omkicau.com tapi sekarang kita bahas dulu tips dari om tony terlebih dahulu. Intinya sih om tony hanya memberikan tahu untuk pakan jangkrik yang kemudian dijadikan pakan murai, yaiyalah keles masak murai mau dikasih pakan tahu? Mana mau?? -_- 

Oke intinya jangkrik dikasih pakan tahu agar jangkrik penuh dengan nutrisi vitamin E yang “katanya” mampu meningkatkan produksi sperma dan ovum pada murai. Trus kenapa harus tahu? Ya karena dasarnyakan tahu berasal dari kedelai yang mengandung vitamin E tinggi, jadi bisa juga diganti pake tempe. Kan sama-sama dari kedelai plus ragi pula hahahha.

jangkrik bernutrisi
tahu putih pengganti kroto
Oke jadi tipsnya beginii :
  1. Siapkan tahu tentunya, kemudian remas –remas biar hancur
  2. Jemur dibawah sinar matahari agar kadar airnya berkurang 
  3. Campur dengan multivitamin lain biar lebih bernutrisi
  4. Setelah dicampur angin-anginin aja di tempat teduh jangan langsung dibawah sinar matahari agar vitaminnya ga hilang
  5. Setelah itu siap diberikan ke jangkrik. Dan jangkrik udah penuh dengan gizi yang siap deberikan ke murai
pencampuran tahu dengan vitamin
Oke  itulah tips dari om tony yang bisa juga diberi judul “cara memberi pakan jangkrik agar bernutrisi ” hhehe  bercanda om.  Trus apakah tips ini berhasil? Saya sih belum pernah nyoba hhaha

Dari banyak komen di postingan tersebut ada salah satu komen dari om agus suseno yang saya agak setuju dengan pendapatnya.
  • Murai termasuk karnivora yang agak sulit mencerna vitamin nabati
  • Protein yang tinggi jika dimakan jangrik tidak akan meningkatkan protein pada tubuh jangkrik (ya pastinya sistem metabolisme jangkrik akan merubah protein tersebut ke betuk yang lain seperti kotoran mungkin)
Tapi jangan salah dulu, tips tahu diatas ‘terbukti’ keberhasilannya loh berdasar sumber dari postingan tersebut yang berasal dari pengalaman om tony alamsyah, majikan bird black keeping (BKK) cilacap.

Oke demikian pembahasan saya tentang "tahu penggati kroto untuk murai" apakah anda berani mencobanya?

baca juga : Putih telur sebagai pengganti kroto

Terima kasih :-)
Kicau Cicicuit
5 stars - "Informasi Seputar Burung Kicauan" Kicau Cicicuit Informasi seputar info burung, jenis burung, penyakit burung, usaha ternak burung dan tips and trick seputar burung kenari , lovebird , murai batu , decu , prenjak , ternak burung, tips berternak, kicau mania , anis merah, anis, jalak, penangkaran burung, lovebird, ciri lovebird, masteran burung, burung master, penyakit burung, obat burung

0 Response to "Tahu sebagai Pengganti Kroto untuk Murai?"

Posting Komentar