Perawatan Burung Decu

Merawat Decu – Termasuk burung dengan type petarung,walaupun ukurannya bisa dibilang kecil perawatan decu tidak beda dengan perawatan burung petarung lainnya. Perawatan burung decu tidak akan terlepas dari EF segar yang diberikan sebagai pakan, terutama pemberian kroto yang merupakan EF pokok bagi decu. Pemberian EF segar akan membuat burung decu menjadi lebih gacor, dengan begitu ocehan lengkingan keras dari decu juga akan semakin terdengar jelas dan keras.

Perawatan harian decu juga bisa dikatakan mudah, yang dimaksud mudah disini adalah sama seperti perawatan burung kicau biasanya. Berikan EF kroto segar setiap paginya sebanyak satu sampai dua sendok teh, campurkan kroto dalam wadah vour yang anda berikan. Pemberian jangkik juga diperlukan, berikan dua sampai tiga jangkrik segar setelah itu jemur dan embun-embunkan setiap pagi hari. Bersihkan kandang setiap hari terutama ganti air minumnya, kebersihan kandang akan mepengaruhi kesehatan burung. Pada waktu sore hari burung bisa dikerodong disinilah  masa istirahat burung sampai pagi harinya.


Untuk perawatan decu mabung tidak berbeda juga dengan burung mabung lainnya. pemberian multivitamin serta selalu menjaga kesehatan dan kebugaran burung mabung agar burung dapat menyelesaikan masa bergati bulunya dengan lancar. Suplemen untuk burung mabung juga dirasa cukup membantu untuk menambah nutrisi yang dibutuhkan saat masa mabung.



Burung decu memiliki suara keras melengking dan variasi suara yang banyak, karena decu memiliki kemampuan yang baik untuk menirukan suara burung lain. kelincahan gerakannya juga tidak kalah dengan kacer, decu sering melakukannya saat berkicau ditambah gerakan ekornya naik turun yang terlihat eksotis. Untuk menjaga suara decu tetap baik dan indah anda harus sering diberikan suara masteran yang tepat, jangan sampai decu anda menirukan suara burung yang salah yang membuat variasi suaranya menjadi jelek. Berikan suara masteran seperti suara kacer atau murai, saat yang tepat diberikan masteran adalah saat pengerodongan di malam hari dan pada saat masa mabung.

Terima kasih, semoga bermanfaat :-)
gambar : www.google.com
referensi : www.omkicau.com | www.anneahira.com
Kicau Cicicuit
5 stars - "Informasi Seputar Burung Kicauan" Kicau Cicicuit Informasi seputar info burung, jenis burung, penyakit burung, usaha ternak burung dan tips and trick seputar burung kenari , lovebird , murai batu , decu , prenjak , ternak burung, tips berternak, kicau mania , anis merah, anis, jalak, penangkaran burung, lovebird, ciri lovebird, masteran burung, burung master, penyakit burung, obat burung

3 Responses to "Perawatan Burung Decu"

  1. wah ternyata ada trik tersendiri ya untuk merawat burung besu ini. Thanks for share nya :)

    dicintai.com

    BalasHapus
  2. nice.....

    infogadgetsbaru.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Maksudnta byeung Decu..to. ( bukan besu)???..'

    BalasHapus