Mengatasi Kenari Stress

Kenari Stress - Perawatan kenari stess memang tidaklah mudah, terutama kalau kenari sudah mulai menunjukkan ketidakwajarannya seperti hilangnya nafsu makan, kurang lincah dll. Mengatasi kenari stress juga memerlukan kesabaran extra karena memerlukan waktu yang tidak cepat sampai kenari benar-benar sehat kembali. Banyak faktor yang dapat menyebabkan kenari menjadi stress, terutama pengaruh dari lingkungan sekitarnya,


 berikut adalah daftar  faktor-faktor yang banyak membuat kenari menjadi stress :
  • Lingkungan, faktor ini yang banyak membuat kenari menjadi stress, suasana lingkungan yang tidak disukai kenari adalah suasana lingkungan yang terlalu ramai, seperti dipinggir jalan raya yang sibuk dengan kendaraan bermotor berlalu-lalang, daerah kontruksi bangunan dll, lingkungan seperti ini memang perlu dihindari untuk merawat kenari.
  • Burung lain, kenari mungkin memiliki rasa minder terhadap burung lain yang memiliki suara yang lebih agresif, hal ini sering terjadi diberbagai kasus yang membuat kenari menjadi stress.
  • Suhu dan udara, suhu yang terlalu dingin atau terlalu panas banyak menimbulkan tingkat stress pada kenari, kenari yang tidak mampu beradaptasi dengan baik dengan lingkungan ini pasti akan mengalaminya. Sirkulasi udara juga dapat mempengaruhi, sirkulasi udara kandang yang kurang baik apalagi kandang ternak membuat kenari pasti merasa tidak nyaman dan  akhirnya stress.
  • Penyakit, yang banyak membuat kenari stress adalah penyakit, terutama penyakit yang didiamkan saja tanpa ada perawatan. Selain memicu stress juga dapat memicu kematian burung kenari.


Adapun cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya yang pasti adalah menghindari hal-hal diatas, pemberian makanan dengan nutrisi dan vitamin yang cukup sangat diperlukan. Sebagian kenari juga mengalami stress karena bawaan dari lahir, cara yang tepat untuk mengatasinya adalah pengerodongan. Pengerodongan kenari memerlukan suasana yang tenang dan jauh dari manusia, saat pengerodongan juga bisa anda tambahkan suara masteran agar kenari bisa sedikit mengikuti.


Perawatan kenari stress lainnya juga bisa dengan cara suntik obat, ini untuk kasus kenari yang mengidap penyakit yang terpakasa dilakukan dengan cara suntik yang dirasa lebih ampuh. Pemandian dan pemjemuran teratur dan pemberian pakan yang bermutu juga sangatlah diperlukan untuk mempercepat proses penyembuahannya.

Sekian tentang cara mengatasi kenari strees, semoga bermanfaat :-)
gambar  : www.google.com
referensi : www.problogger.web.id | www.blogging.co.id 
Kicau Cicicuit
5 stars - "Informasi Seputar Burung Kicauan" Kicau Cicicuit Informasi seputar info burung, jenis burung, penyakit burung, usaha ternak burung dan tips and trick seputar burung kenari , lovebird , murai batu , decu , prenjak , ternak burung, tips berternak, kicau mania , anis merah, anis, jalak, penangkaran burung, lovebird, ciri lovebird, masteran burung, burung master, penyakit burung, obat burung

0 Response to "Mengatasi Kenari Stress"

Posting Komentar