Merawat Burung Kenari


Perawatan Burung Kenari - Merawat burung kenari memang tidak jauh beda dengan perawatan burung lainnya, tetapi yang perlu diingat adalah burung kenari merupakan burung pemakan sayur dan buah-buahan sehingga perawatan burung kenari yang utama adalah pemberian pakan yang harus segar dan bagus. Kenari juga termasuk burung dengan ukuran kecil sehingga nutrisi dan vitamin juga harus diperhatikan untuk menjaga kesehatannya, perawatan burung kenari juga harus rutin dan konsisten karena kenari juga mudah terkena stes. 
Dan untuk postingan ini   ane akan berikan sekilas tips yang baik untuk merawat burung kenari, berikut ulasannya :


Pakan
kesegaran pakan  serta pemberian menu yang selalu bervariatif sangat diperlukan untuk mencukupi kebutuhan vitamin, nutrisi dan mineral pada kenari. Pakan yang baik yang dibutuhkan kenari adalah pakan yang mengandung berbagai nutrisi seperti protein, karbohidrat serta kandungan vitamin yang lengkap. Kenari juga merupakan burung pemakan serangga, tetapi serangga bukanlah makanan utama, serangga diperlukan kenari untuk menjaga kandungan mineral dalam tubuh seperti kalsium, phosphor, kalium dll. Untuk lebih jelasnya berikut daftar pakan yang baik untuk kenari :
  • Millet, merupakan pakan utama untuk kenari, bisa dibeli disemua pasar burung, biasanya millet sudah dicampur dengan biji-bijian yang lain seperti jawawut, beras ketan dll.
  • Sayuran segar , merupakan pakan yang harus ada tiap pagi hari, berikan sayuran segar seperti sawi, selada, jagung dll. Pemberian buah-buahan juga bisa diberikan seperti apel, pir, pisang dll. yang terpenting pakan yang terus bervariasi.
  • Asinan, pemberian asinan dibutuhkan untuk mejaga kandungan kalsium, pemberian asinan dapat memberikan tulang sotong yang digantung dikandang. Pemberian serangga seperti jangkrik dan kroto juga harus diberikan untuk menjaga kandungan mineral kenari, berikan sedikit saja dan rutin  setiap 2 kali seminggu.

biji bijian

sayuran dan buah

Kandang   
Ukuran tubuh kenari memang termasuk kecil sehingga anda tidak perlu memberikan kandang yang terlalu besar, ukuran kandang yang ideal kenari adalah dengan besar 45 cm x45 cm x 50cm dengan variasi tangkringan secukupnya. Untuk ternak kenari  juga bisa anda berikan kandang dengan ukuran tersebut tetapi  besarkan ukuran panjang minimal dua kali lipatnya , karena biasanya dalam satu kandang ternak kenari diberikan satu jantan dan dua betina sehingga ukuran tersebut sudah dirasa cukup muat dan nyaman. 

ukuran kandang ternak kenari

Perawatan harian
Perawatan harian kenari tak jauh beda dengan burung kicau lainnya, yang terpenting perawatannya harus serutin mungkin. Kenari harus sering dimandikan, bisa dengan semprotan atau dengan kandang mandi . Kemudian menjaga kebersihan kandang terutama dari kotoran yang dapat menimbulkan penyakit pada kenari, selain itu air minum harus terus diganti karena air minum sering keruh karena sering dipakai mandi kenari. Jangan lupa kerodong kenari pada malam hari, pemberian suara masteran juga bisa dilakukan saat masa istirahat sambil pengerodongan.

penjemuran kenari

Terima kasih semoga bermanfaat :-)
gambar  : www.google.co.id
referensi : www.merawatkenari.blogspot.com | www.omkicau.com
Kicau Cicicuit
5 stars - "Informasi Seputar Burung Kicauan" Kicau Cicicuit Informasi seputar info burung, jenis burung, penyakit burung, usaha ternak burung dan tips and trick seputar burung kenari , lovebird , murai batu , decu , prenjak , ternak burung, tips berternak, kicau mania , anis merah, anis, jalak, penangkaran burung, lovebird, ciri lovebird, masteran burung, burung master, penyakit burung, obat burung

0 Response to "Merawat Burung Kenari "

Posting Komentar