Keindahan Kenari Merah

Kenari Merah | Red Factor Canary - Bagi anda pecinta burung kenari pasti mengenal kenari dengan jenis yang satu ini, yap kenari merah. Dari banyak kenari yang ane punya cuma kenari merah yang belum pernah ane pelihara  :-D, sebenarnya ada keinginan pengen beli tapi masih kekurangan dana buat belinya hhe. Kenari merah sekarang juga mulai jarang ditemui karena sudah mulai langka di pasaran, harganyapun yang pasti juga sangat melangit, dari sumber yang ane ketahui  sekarang harga kenari merah berkisar antara lebih dari satu jutaan rupiah per ekornya, fantastis bukan untuk jenis burung kenari?



red factor canary
 Warna merah pada kenari ini disebabkan karena adanya pigmen bulu yang bewarna kemerahan yaitu warna red intensif (merah) , rose (merah pastel), dan red mosaic (putih merah) yang menyebabkan kenari ini juga dikenal dengan nama kenari red factor.

Banyak yang menganggap kenari merah adalah ratu dari kenari setelah kenari jenis Yorkshire, ya karena keindahan bulunya yang sering menarik perhatian orang yang melihatnya. Selain jenis kenari dengan type warna (color canary) jenis ini juga memiliki suara yang merdu  meskipun posturnya masih kalah dengan jenis Yorkshire.

kenari merah bakalan

Kenari merah termasuk sukar untuk diternakkan jika ingin memperoleh keturunan dengan warna yang sama merah. Karena agak sulit menurunkan genetic warna merah dari indukan ke anaknya, bahkan warna merah pada kenari dewasa dapat terjadi kepudaran warna / luntur setelah masa mabung. Pudarnya warna kenari  disebabkan karena perawatannya yang kurang, seperti pemberian pakan yang tidak cocok, kelembapan udara , penjemuran dll. Salah satu faktor  warna merah pada kenari adalah karena  dibantu oleh pigmen alami dari makanan yang dimakannya yang mengandung unsur beta carotene yang lengkap yang menjaga warna pigmen merah pada kenari jenis ini.


Seiring dengan kelangkaan dan harga yang tinggi, membuat beberapa oknum tidak bertanggung jawab memalsukan kenari jenis ini. Cara curang yang biasanya terjadi untuk kasus ini adalah pemberian bahan kimia dimana memberikan obat pewarna pada makanan saat kenari mabung yang membuat warna bulunya menjadi merah. Cara ini agak sukar dikenali kepalsuannya karena jarang terlihat tandannya apakah kenari tersebut asli atau tidak. Tapi cara tersebut tidak akan membuat warna merahnya kekal, yang pasti warnanya lama-kelamaan akan pudar apalagi setelah kenari tersebut mabung pasti warna akan kembali ke warna asalnya.
Pastinya anda tidak mau kecewa saat membeli kenari merah,nah alangkah  baiknya sebelum membeli anda perhatikan baik-baik apakah kenari merah yang anda beli benar-benar asli. Dan juga anda tanyakan kepada penjual tentang asal-usul dan makanan yang diberikan pada kenari tersebut, serta jangan langsung percaya tanpa membuktikan keaslian kenari tersebut.

saran ane sebaiknya anda selalu berhati-hati dan teliti sebelum membeli kenari merah, ketelitian dan kemahiran sangat dibutuhkan untuk membedakannya.


Bagaimana tertarikkah anda dengan kenari merah?
demikian postingan kali ini, semoga bermanfaat :-)
gambar   : www.google.com | www.tokobagus.com
referensi : www.kenari.jhoni.net | www.merawat-burung.blogspot.com | www.merawatkenari.blogspot.com
Kicau Cicicuit
5 stars - "Informasi Seputar Burung Kicauan" Kicau Cicicuit Informasi seputar info burung, jenis burung, penyakit burung, usaha ternak burung dan tips and trick seputar burung kenari , lovebird , murai batu , decu , prenjak , ternak burung, tips berternak, kicau mania , anis merah, anis, jalak, penangkaran burung, lovebird, ciri lovebird, masteran burung, burung master, penyakit burung, obat burung

0 Response to "Keindahan Kenari Merah"

Posting Komentar