Berternak Kenari yang Efektif

Berternak Kenari - Kepopuleran kenari sekarang bisa dibilang mulai meroket, begitu juga dengan berternak kenari dan perlombaan kenari. Seiring dengan peminat dari pasar burung untuk  kenari yang begitu banyak, membuat bisnis ternak kenari dirasa sangat menguntungkan bagi peternak untuk dijual dipasar ataupun dirawat sendiri. Berternak kenari juga  bisa dibilang lebih mudah dari pada berternak lovebird atau murai, disamping lahan kandang yang tidak terlalu memakan tempat masa produksinyapun juga relative lebih cepat. Selain itu kenari merupakan burung yang bergonta-ganti pasangan dan poligami, jadi satu jantan bisa untuk banyak betina sehingga keuntungan juga dapat bertambah bukan hhe.

Berternak kanari juga dipengaruhi oleh faktor-faktor tertentu yang membuat keberhasilan ternak kenari, dan disini akan ane sampaikan beberapa tips yang efektif dalam berternak kenari, berikut ulasannya


Indukan
Pilihlah pasangan kenari yang cocok untuk diternakkan, terkadang kenari sering berkelahi kalau ditempatkan dalam satu kandang jika kenari tersebut tidak cocok. Hal ini juga sering ane alami di kandang ternak kenari ane, jadi pemilihan pasangan yang tepat merupakan solusi yang baik sebelum menempatkanya dalam satu kandang.
Disamping itu umur indukan juga perlu diperhatikan. Pejantan biasanya memiliki sel sperma yang sudah matang antara umur mulai 8 bulan. Sedangkan betina memiliki cukup sel telur matang antara umur diatas 6 bulan.

indukan kenari


Kandang
Ukuran kandang  kenari tidaklah begitu besar, begitu pula untuk ukuran kandang ternaknya. Yang penting ukuran kandang muat dan dirasa nyaman untuk 3-4  burung kenari. Seperti ukuran kandang ternak kenari ane yang ane beri ukuran kandang sekitar 80 cm x 40 cm x 50 cm yang berisi satu jantan dan dua betina. Berikan juga glodok/ tempat telur agar kenari memiliki tempat untuk meletakkan dan mengerami telurnya.

Pakan
Pemberian pakan yang cukup serta memiliki kandungan vitamin dan mineral yang cukup harus selalu tersedia, pakan kenari seperti sayur dan buah segar juga harus ada setiap pagi hari dan harus selalu bervariasi. Cakupan mineralnya juga harus ada seperti pemberian asinan untuk mencukupi kebutuhan kalsium kenari.

ternak kenari

Kebersihan
Jagalah selau kandang burung agar selalu bersih, selain itu air minum juga harus sering diganti karena sering dipakai mandi oleh kenari.

 Lingkungan
Faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi ternak kenari adalah jika kanari merasa tidak nyaman dengan kondisi di sekitarnya, seperti suasana gaduh/sirkulasi udara yang dapat mempengaruhi prosuksi kenari. Usahakan lingkungan tenang dengan sirkulasi udara yang baik untuk ternak kenari anda, kandang juga harus terhindar dari gangguan hewan lain yang tidak diundang, seperti tikus, kucing yang juga dapat mengganggu konsentrasi kenari betina ketika mengerami telur.

Sekian tentang  tips berternak kenari yang efektif, semoga bermanfaat :-) 
Gambar  : www.google.com
Referensi : www.wyw1d.blogspot.com | www.mkicau.blogspot.com
Kicau Cicicuit
5 stars - "Informasi Seputar Burung Kicauan" Kicau Cicicuit Informasi seputar info burung, jenis burung, penyakit burung, usaha ternak burung dan tips and trick seputar burung kenari , lovebird , murai batu , decu , prenjak , ternak burung, tips berternak, kicau mania , anis merah, anis, jalak, penangkaran burung, lovebird, ciri lovebird, masteran burung, burung master, penyakit burung, obat burung

1 Response to "Berternak Kenari yang Efektif"

  1. ada daftar harga kenari gak bang ?

    kalo anakan AF, temen ane ( 2 bulan )jual 150 kemahalan / murah ??? #newbie :D

    BalasHapus