Tips Bertenak Lovebird Gampang

Berternak Lovebird - Mau membahas tips lagi nih seputar berternak burung, kali ini  ts mau membahas tentang cara berternak lovebird. Love bird yang biasa juga disebut burung cinta merupakan burung hias yang memiliki suara yang cukup keras , meskipun dari segi harga saat artikel ini diposting mengalami penurunan yang cukup banyak tapi tenang saja, harga lovebird pelan-pelan mulai mengalami kenaikan walaupun perlahan tapi pasti. Untuk harga lovebird yang paling mahal masih dipegang oleh jenis lovebird pastel dan albino, untuk satu pasang harganya masih berkisar antara Rp2.000.000, masih menggiurkan bukan?  
Kembali ke topik, kali ini ts akan membahas tentang cara dan tips untuk berternak lovebird. Untuk tingkat kesulitan sendiri berternak lovebird  tidak sesulit pada postingan sebelumnya yaitu berternak murai, nah berikut ts berikan cara berternak lovebird :

Baca juga :
2016 harga lovebird mulai naik lagi dan stabil
Mengenal penyakit mata pada lovebird
Cara pengobatan penyakit mata pada lovebird
Mitos seputar penjemuran burung
Ciri-ciri Lovebird Juara

Kandang
Kandang untuk berternak lovebird tidaklah sebesar kandang berternak murai, anda cukup menyediakan kandang dari ram kawat dengan ukuran berkisar p x l x t  yaitu 50cm x 50 cm x 50 cm. tempatkan juga rumah burung (tempat telur/glodok) yang sudah diberikan rumput-rumputan kering didalamnya, jangan lupa berikan ranting untuk tempat tangkringan.
Kandang Lovebird
Memilih Indukan
Indukan merupakan faktor utama keberhasilan berternak lovebird, saran ts memlilih indukan yang tepat adalah  dengan melihat kondisi fisik dan mental lovebird, jangan lupa memperhatikan apakah pasangan yang anda pilih saling tertarik atau tidak dengan cara pedekatan terlebih dahulu antara kedua pasangan. Pelu diingat juga bahwa lovebird adalah pasangan yang setia, jadi lovebird tidak akan berganti pasangan sepanjang hidupnya <3 so sweet :-D  ,maka dari itu jangan sampai salah menjodohkan lovebird atau untuk mencari aman anda bisa langsung beli saja lovebird sepasang hhehe...
Usia normal indukan siap berproduksi adalah lovebird yang sudah berumur 8 bulan, tetapi jika anda ingin menjadikan lovebird indukan, carilah lovebird yang sudah berumur 1 tahunan agar lovebird sudah benar-benar matang untuk berproduksi.
Memilih Indukan
Masa kawin
Untuk lovebird yang baru pertama kali dijodohkan merupakan masa yang paling krisis saat masa kawin, anda harus menjaga suasana yang nyaman untuk lovebird. Karena untuk pasangan baru tentu banyak gangguan saat proses kawin seperti stress atau mudah gelisah. tentu saja suasana sekitar yang tenang dan nyaman akan membantu proses perkawinan lovebird. Namun untuk pasangan yang sudah beberapa kali bertelur mungkin anda jangan terlalu kawatir sebab pasangan ini tentu sudah bisa beradaptasi dengan suasana sekitar dengan cepat.

Masa Bertelur & Menetas
Umumnya lovebird akan memproduksi telur antara 4-6 butir telur dengan kondisi lovebird yang sehat dan cukup gizi, telur akan dierami induk selama kurang dari 23 hari dan setelah menetas kedua indukan akan bersama sama menyuapi anaknya, jangan lupa memberikan pakan yang cukup. Antara 5-6 minggu setelah menetas piyik akan keluar dari glodok dan mencari makan sendiri, anda bisa memisahkan piyik ke kandang yang berbeda sehingga proses produksi indukan dapat berjalan kembali. Adakalanya jika anda ingin memberi makan sendiri piyik sebelum keluar dari sarang juga bisa dilakukan setelah piyik berusia kurang lebih 1 minggu setelah menetas, hal ini dimaksudkan agar piyik sudah cukup kuat saat dipisahkan dari induknya. Berikan kandang yang nyaman serta lampu penghangat yang cukup, untuk pakan cukup anda berikan bubur pour dan  rajin disuapkan ke piyik karena piyik mudah sekali merasa lapar.
Masa Menetas
Sekian tentang cara berternak lovebird, semoga bermanfaat :-)
Sumber gambar : www.google .com
referensi  :  penangkaran-lovebird.blogspot.com | mkicau.blogspot.com
Kicau Cicicuit
5 stars - "Informasi Seputar Burung Kicauan" Kicau Cicicuit Informasi seputar info burung, jenis burung, penyakit burung, usaha ternak burung dan tips and trick seputar burung kenari , lovebird , murai batu , decu , prenjak , ternak burung, tips berternak, kicau mania , anis merah, anis, jalak, penangkaran burung, lovebird, ciri lovebird, masteran burung, burung master, penyakit burung, obat burung

0 Response to "Tips Bertenak Lovebird Gampang"

Posting Komentar