Pakan yang Baik untuk Lovebird


Pakan Lovebird - Makanan burung merupakan hal penting yang perlu dijaga untuk menjaga kondisi kesehatan burung, dengan memberikan pakan yang baik dan pastinya bergizi tentu akan membuat burung yang kita pelihara sehat dan tangguh. Nah berikut dalam postingan ini ts  akan membahas tentang makanan yang baik untuk lovebird. Lovebird sebagai binatang herbivora tentu makanan utamanya adalah biji-bijian dan sayuran, tapi terkadang lovebird sering memakan serangga kecil seperti jangkrik atau cacing, maka lovebird merupakan burung yang juga tergolong sebagai jenis omnivora.

Tentunya kita harus memperhatikan kelengkapan gizi agar lovebird sehat dan berumur panjang, jika lovebird dipelihara dengan baik umurnya bisa mencapai usia 10 tahun atau lebih. Maka daripada itu pemberian makanan yang bergizi sangat penting bagi lovebird.
berikut contoh makanan yang baik dan bergizi untuk lovebird :

Baca juga :
Mengenal penyakit mata pada lovebird
Cara pengobatan penyakit mata pada lovebird
Mitos seputar penjemuran burung
jenis lovebird parblue

Biji – bijian
Anda dapat memberikan lovebird dengan biji-bijian seperti campuran millet putih / merah , biji kenari dan ketan hitam sesuai komposisi. Ts sering memberikan lovebird biji-bijian dengan komposisi milet putih dan merah 75% dan sisanya dengan biji padi dan ketan merah (campuran ini juga ts berikan untuk pakan perkutut), tapi tergantung dari selera anda masing-masing lovebirdnya.
campuran biji bijian
campuran biji dan pour
Sayur Mayur
Berikan sayur mayur berbagai macam secara selang seling bergantian tiap hari (kalau bisa) seperti : kangkung, sawi , bayam, wortel , jagung dll yang sudah di potong-potong agar mudah dibawa lovebird. Anda juga dapat memberikan sayur yang agak panjang dan digantung disarang, agar lovebird dapat bermain-main sambil menikmati sayuran tersebut.
Makanan tambahan
Anda dapat membeikan buah buahan dan juga jangkrik kecil pada lovebird, tapi jangan keseringan karena akan menggangu sistem pencernaan lovebird. Berikan makanan tersebut antara seminggu sekali untuk menjaga nutrisi lovebird.
sayur mayur
Air Minum
lovebird sering menggunakan air minumnya untuk minum dan mandi, maka tak heran air di wadah sering keruh. Maka anda harus sering sering mengganti air tersebut minimal sehari sekali untuk menjaga kejernihannya. Lovebird termasuk burung yang cerdas anda juga dapat memberikan air minum dengan wadah seperti hamster. 
tempat minum hamster
Tambahan lain
Untuk tambahan lainnya anda perlu memberikan asinan yang bisa anda gantungkan didalam sangkar. Dengan sendirinya lovebird bisa memakan asinan tersebut dengan menjilat-jilatnya, asinan disini diperlukan untuk menjaga kandungan kalsium lovebird.

asinan : tulang sotong
Sumber gambar : www.google.com
sumber referensi : informasiku.files-collection.com | omkicau.com | mkicau.blogspot.com
Kicau Cicicuit
5 stars - "Informasi Seputar Burung Kicauan" Kicau Cicicuit Informasi seputar info burung, jenis burung, penyakit burung, usaha ternak burung dan tips and trick seputar burung kenari , lovebird , murai batu , decu , prenjak , ternak burung, tips berternak, kicau mania , anis merah, anis, jalak, penangkaran burung, lovebird, ciri lovebird, masteran burung, burung master, penyakit burung, obat burung

1 Response to "Pakan yang Baik untuk Lovebird"