Tips Meningkatkan Kualitas Ocehan Pleci

Burung pleci atau burung cicikacamata 
Burung kecil kuning dan mempunyai suara yang nyaring dan banyak digemari penghobi ini memang susah-susah gampang dalam perawatannya. Maksud dari perawatan disini adalah perawatan agar burung pleci dapat rajin ngoceh, burung pleci yang masih bakalan memang memerlukan perawatan rutin dan kesabaran agar dapat rajin berkicau. Burung pleci matangpun terkadang bisa ngambek g mau ngoceh jika tidak dirawat benar . TS  pernah ada pengalaman  saat membeli burung pleci yang sudah matang di pasar, pas sudah
dirumah plecinya cuma ngriwik saja (kicau-kicau kecil). Hal ini bisa saja terjadi pada pleci karena beberapa faktor, seperti habitat  baru yang membuat pleci sulit dalam beradaptasi, mungkin juga karena suhu udara yang berbeda (rumah TS lumayan dingin ) dan suasana di rumah yang tidak seramai di pasar burung yang banyak burung-burung lain  berkicauan .
Untuk membuatnya ngoceh lagi atau membuat burung pleci bakalan ngoceh itu tergantung dari para pemilik dalam merawat burung tersebut, dan kunci utamanya adalah Kesabaran.

Ada berbagai macam tips agar pleci rajin berkicau, tetapi tips-tips berikut tidak akan membuat pleci anda menjadi ngoceh 100%, tapi apa salahnya jika dicoba , berikut tips dari TS :

1.  Pertama untuk memilih pleci bakalan anda harus selektif terlebih dahulu dalam pemilihan pleci, pilihlah pleci yang tidak memiliki cacat fisik, perhatikan postur tubuh serta bentuk paruh yang bagus, dan juga perhatikan ekornya yang mayoritas berbentuk huruf ‘V’.

Pilihlah pleci yang bagus

2.Embun-embunkan pleci atau jemur di pagi hari  secukupnya sehabis itu mandikan dengan cara semprotan , setelah itu jemur lagi pleci secukupnya dan kemudian angin-anginkan di teras rumah anda.

ilutrasi : Penjemuran pleci di pagi hari :)

3.Berikan makanan buah atau vour pada pleci dan pastikan anda memberikan air minum juga di kandang. Berikan juga seperlunya ulat hongkong 1-2 supaya terjaga proteinnya.

ulat hongkong


4.   Berikan juga seranggga sebagai makanan kedua pleci setelah vour  ,bisa berupa jangkrik , ulat hongkong ataupun kroto.

pemberian serangga seperti kroto

5. Biasakan pleci di luar ruangan agar pleci dapat mudah berapaptasi dengan lingkungan yang baru


adatasikan pleci di lingkungan yang baru

Faktor lain yang mempengaruhi ocehan adalah karakter dan juga usia dari pleci itu sendiri

Sekian tips dari TS semoga bermanfaat J
gambar : www.google.com
referensi : ardiyantobay.blogspot.com | mkicau.blogspot.com | omkicau.com
Kicau Cicicuit
5 stars - "Informasi Seputar Burung Kicauan" Kicau Cicicuit Informasi seputar info burung, jenis burung, penyakit burung, usaha ternak burung dan tips and trick seputar burung kenari , lovebird , murai batu , decu , prenjak , ternak burung, tips berternak, kicau mania , anis merah, anis, jalak, penangkaran burung, lovebird, ciri lovebird, masteran burung, burung master, penyakit burung, obat burung

0 Response to "Tips Meningkatkan Kualitas Ocehan Pleci"

Posting Komentar