Berternak semut Nangrang penghasil KROTO


Kroto ya kroto larva  dari semut rangrang (nagkrang) yang biasa digunakan sebagai pakan dari burung kicauan. Ya memang bagi pecinta burung,kroto tidak asing lagi bagi mereka, dengan membambahkan kroto pada pakan burung mereka membuat burung menjadi nafsu makan dan bisa berkicau dengan merdunya :D . selain itu kroto juga dapat digunakan sebagai pakan memancing ikan. Sebagai campuran pakan pelet para pemancing.


Dulu kroto bukanlah sebuah pakan burung yang mahal, dengan seribu rupiah saja sudah dapat didapatkan kroto yang lumayan banyak. Akan tetapi sekarang kroto sudah jarang terlihat di toko penjual pakan burung, bukan karena mereka tidak menjualnya tetapi kroto sekarang sulit sekali didapatkan.. yak karena pasokan kroto berasal dari alam, para pemburu mencari kroto sampai di hutan-hutan. Dan sekarang alam yang biasa banyak semut rangrang penghasil kroto sekarang hampir jarang ditemui. Tentu saja harganya juga sudah selangit kalo masih ada, itupun sulit juga mencarinya. 

Dan solusinya untuk para pecinta burung supaya tidak kesulitan mendapatkan kroto adalah berternak kroto sendiri. Ya dengan berternak kroto sendiri untuk pakan burung, akan memudahkan para pemilik burung mendapatkan kroto. Caranya tidak terlalu sulit dan pakannya pun juga mudah hanya memberikan air gula secukupnya dan serangga kecil seperti jangkrik saja.

Saya sengaja ingin membagi pengalaman tentang budidaya keroto, ada beberapa metodee untuk beternak keroto, untuk yang punya lahan luas lebih mudah karena bisa beternak secara alami tapi bagi yang tidak punya lahan jangan berkecil hati karena saya akan menjelaskan cara budidaya kroto untuk yang tidak punya lahan kosong.Adapun metode yang saya gunakan adalah dengan menggunakan toples.

Pertama siapkan posisi kita menempatkan semut rangrang terbebut. Bisa rak yang dikasih kapas dengan lumuran oli atau baygon cair pada kaki kakinya nagar semut rangrang tidak kabur.
Kemudian siapkan toples toples untuk menjadi rumah semut rangrang tersebut. Jangan lupa lubangi toples dengan paku atau solder untuk jalan masuk semut rangrang tersebut. Lubang jangan  hanya satu tapi banyak agar memudahkan semutnya :D

Dan yang paling sulit adalah Mencari semut nangrang di hutan :D. iyalah masak semutnya datang sendiri G mungkin :P kalo dah dapet pindahkan rumah semut tersebut ke toples (hati-hati dengan gigitannya :D) jangan lupa memindahkan ratu-ratu semut rangrang.  cirinya mudah pokoknya ratunya yang punya sayap itu aja, ratulah yang menghasilkan lava kroto :D

Panen dapat dilakukan jika kelihatannya krotonya sudah banyak (jan lama-lama krotonya nanti jadi nangrang semua nanti :D ) oiya toplesnya saya sarankan yang transparan saja agar mempermudah melihat kroto sudah banyak atau belum.

 saya kasih gambar ternakan kroto saya :D 


ni maaf soalanya ga punya camera jadi pake cam laptop yang belum di crack hhahaha :D G bermaksud promosi lho



jangan deket-deket AWAS GIGIT :D

untuk pakannya bisa di beri wadah sendiri. ni air gula





lha ni baru panennya ( bukan punya saya, masih lama kalo punya saya panennya hhee :D )




Demikian Semoga Bermanfaat :D
Kicau Cicicuit
5 stars - "Informasi Seputar Burung Kicauan" Kicau Cicicuit Informasi seputar info burung, jenis burung, penyakit burung, usaha ternak burung dan tips and trick seputar burung kenari , lovebird , murai batu , decu , prenjak , ternak burung, tips berternak, kicau mania , anis merah, anis, jalak, penangkaran burung, lovebird, ciri lovebird, masteran burung, burung master, penyakit burung, obat burung

0 Response to "Berternak semut Nangrang penghasil KROTO"

Posting Komentar